Mardani Maming Protes Dijadikan Buronan KPK

  • 28 Juli 2022 14:46:25
  • Views: 8

JAKARTA - Mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Mardani Maming protes ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memasukkan namanya dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) alias buronan. Ia protes karena sebelumnya telah mengonfirmasi ke KPK akan memenuhi panggilan pemeriksaan pada hari ini.

Protes tersebut disampaikan Mardani Maming saat memenuhi janjinya untuk datang ke Gedung KPK guna diperiksa sebagai tersangka, hari ini. Maming merupakan tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pemberian izin usaha tambang di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Hari Selasa saya dinyatakan DPO, padahal sudah mengirimkan surat dan koordinasi dengan tim penyidik bahwa saya akan hadir tanggal 28 Juli 2022, ujar Maming di pelataran Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (28/7/2022).

Maming tiba di Gedung Merah Putih KPK Jakarta Selatan sekira pukul 14.05 WIB. Ia datang dengan didampingi Kuasa Hukumnya, Denny Indrayana. Ketua Umum HIPMI tersebut akan langsung diperiksa sebagai tersangka oleh penyidik KPK.

Baca juga: Breaking News: Buronan Mardani Maming Serahkan Diri ke KPK href=https://nasional.okezone.com/read/2022/07/28/337/2637832/breaking-news-buronan-mardani-maming-serahkan-diri-ke-kpk>Breaking News: Buronan Mardani Maming Serahkan Diri ke KPK

Sekadar informasi, KPK saat ini sedang mengusut kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pemberian izin usaha pertambangan di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. KPK telah menetapkan mantan Bupati Tanah Bumbu, Mardani Maming sebagai tersangka.

Baca juga: Serahkan Diri ke KPK, Mardani Maming Didampingi Denny Indrayana

Penetapan tersangka tersebut sejalan dengan pencegahan Maming untuk bepergian ke luar negeri. Maming dicegah bepergian ke luar negeri bersama adiknya, Rois Sunandar, selama enam bulan kedepan terhitung sejak Juni 2022.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Mardani Maming diduga pernah menerima suap dan gratifikasi terkait izin tambang di Tanah Bumbu. Bendum nonaktif PBNU tersebut diketahui juga sudah pernah diperiksa KPK sebagai saksi pada Kamis, 2 Juni 2022.

Usai diperiksa sebagai saksi, Maming mengaku dimintai keterangan oleh KPK soal permasalahannya dengan Pemilik PT Jhonlin Group, Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam. Permasalahannya tersebut diduga berkaitan dengan perizinan tambang di Tanah Bumbu.

Sayangnya, Maming dua kali tidak memenuhi panggilan pemeriksaan KPK dalam kapasitasnya sebagai tersangka. KPK kemudian melakukan upaya jemput paksa terhadap Maming di apartemennya. Tapi, KPK gagal menemukan Maming. KPK kemudian memasukkan nama Maming ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Baca juga: KPK Periksa Tersangka Korupsi Proyek Stadion Mandala Krida


https://nasional.okezone.com/read/2022/07/28/337/2637846/mardani-maming-protes-dijadikan-buronan-kpk?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/07/28/337/2637846/mardani-maming-protes-dijadikan-buronan-kpk?page=1
Tokoh





Graph

Extracted

persons Denny Indrayana, Syamsuddin,
ministries KPK,
organizations PBNU,
institutions HIPMI,
topics haji, tersangka korupsi,
fasums Gedung Merah Putih KPK, Stadion Mandala Krida,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, KALIMANTAN SELATAN,
cities Tanah Bumbu,
cases korupsi,
musicclubs IZ*ONE,