Kendaraan Listrik Makin Banyak Peminat, PLN Gencar Tawarkan Kemitraan SPKLU

  • 28 Juli 2022 14:10:38
  • Views: 5

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Meningkatnya populasi mobil listrik dari tahun ke tahun membuat Perusahaan Listrik Negara (PLN) membuka peluang kemitraan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Melalui sistem kemitraan, PLN dapat dengan cepat memperluas pendirian SPKLU di berbagai wilayah Indonesia.

Alhamdulillah tahun ini menambah 40 unit lagi. Tapi di luar itu kita udah kerja sama dengan para investor, karena kita punya suatu produk yang dinamakan IO2 atau Investor Own Investor Operate, tutur Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril, saat peresmian EV Smart Mobility – Joint Project di Sofitel Nusa Dua, Bali, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Dukung Kendaraan Listrik, Penyedia SPKLU Ini Jajaki Kemitraan dengan Jaringan Ritel Modern

Skema bisnis IO2 yang ditawarkan PLN sistemnya hampir sama seperti franchising atau kemitraan (waralaba), dimana investor cukup menyediakan uang dan lokasi untuk pembangunan SPKLU.

Nanti kita siapkan semua sub chargingnya, sistemnya, dan sebagainya. Sistemnya adalah franching bagi hasil, jelas Bob.

Bob menyebut saat ini sudah banyak peminat untuk kemitraan SPKLU, diantaranya datang dari perusahaan makanan hingga perbankan.

Banyak sekali peminat, kemarin salah satu franchise KFC bekerja sama itu 10 sampai 100 unit di 2023. Artinya, ke depan orang itu dalam segi segala sesuatu ingin bersih, jadi menyediakan fasilitas servis yang bersih, itu banyak sekali yang ingin. Kemudian kami juga bekerja sama dengan mall-mall, kita sudah dengan BNI yang kemarin diluncurkan juga dan kemudian ada bank Mandiri juga, jelasnya.

Selanjutnya, PLN akan mengajak semua pihak termasuk UMKM. Harapannya, supaya UMKM yang di desa-desa nanti memiliki tempat baterai swap atau tempat penukaran baterai.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Pemudik Pakai Kendaraan Listrik, PLN Optimalkan Delapan SPKLU di Tol Trans Jawa

Itu nggak mahal sebenarnya. Kalau hanya tukar baterai kan misalnya ada satu atau dua. Itu sekitar Rp 100 juta. Menurut saya untuk UMKM masih memadai, koperasi misalnya. Itu pasti mampu dan mereka bisa menyediakan tempat, ucap Bob.


https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/07/28/kendaraan-listrik-makin-banyak-peminat-pln-gencar-tawarkan-kemitraan-spklu

Sumber: https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/07/28/kendaraan-listrik-makin-banyak-peminat-pln-gencar-tawarkan-kemitraan-spklu
Tokoh



Graph

Extracted

persons Bob Saril,
companies ADA, KFC,
bumns Bank Mandiri, BNI, PLN,
topics Listrik, Mudik,
products kendaraan listrik, UMKM,
nations Indonesia,
transportations mobil listrik,