Kabur ke Hutan, Polisi Kesulitan Tangkap KKB Pemenggal Kepala Penambang Emas

  • 28 Juli 2022 12:51:16
  • Views: 2

Liputan6.com, Jakarta - Usai adanya peristiwa pemenggalan kepala penambang emas di Distrik Kawe, Distrik Awinbon, Pegunungan Bintang, Papua, oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Polisi memastikan terduga pelaku kabur ke hutan. Peristiwa itu terjadi pada Rabu 20 Juli 2022 lalu.

Iya (kabur ke hutan), kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal saat dihubungi, Kamis (28/7/2022).

Polisi menyebut, kondisi itu yang membuat aparat kesulitan menangkap para pelaku, mengingat medan hutan yang cukup terjal.

Iya medan dengan gunung dan perbukitan yang terjal, tidak semua bisa dilalui darat, harus dengan pesawat atau melalui sungai yang makan waktu lama serta hutan-hutan, katanya.

Meski begitu, Kepolisian tidak memasang selebaran atau pamflet Daftar Pencarian Orang (DPO) untuk memburu para terduga pelaku tersebut. 

Enggak dipasang kan sudah viral videonya, kalau di hutan siapa yang lihat, ujar Kamal.

Sebelumnya, Petugas gabungan TNI-Polri telah mengevakuasi korban kekejaman Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Kawe, Distrik Awimbon, Pegunungan Bintang. Korban diketahui merupakan seorang penambang emas.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, korban dievakuasi oleh anggota menggunakan helikopter carteran dari lokasi tambang ilegal di Kampung Kawe Distrik Awimbon Kabupaten Pegunungan Bintang ke Boven Digoel.

Kemarin korban sudah dievakuasi ke Boven Digoel dan selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga di Distrik Malind Kabupaten Merauke untuk dimakamkan, kata Kombes Kamal saat dikonfirmasi di Timika, Jumat 22 Juli 2022.

Setelah tiba di rumah duka, korban tidak langsung dimakamkan. Namun, korban baru dimakamkan pada Kamis 21 Juli 2022 kemarin. Korban baru dimakamkan (kemarin) di Distrik Malind Kabupaten Merauke, ujarnya.

Aksi teror KKB di Ilaga, Papua, bakar rumah yang dijadikan sebagai pusat kegiatan belajar masyarakat milik warga hingga melayangkan tembakan ke arah Polsek Ilaga.


https://www.liputan6.com/news/read/5026227/kabur-ke-hutan-polisi-kesulitan-tangkap-kkb-pemenggal-kepala-penambang-emas

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5026227/kabur-ke-hutan-polisi-kesulitan-tangkap-kkb-pemenggal-kepala-penambang-emas
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ahmad Musthofa Kamal,
ministries Polisi, TNI,
products emas, KKB,
places DKI Jakarta, PAPUA, Sumatera Utara,
cities Gunung, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kamal, Timika,
cases teror,