Puluhan Tahun Berumah Tangga, Pasutri Lansia Antusias Ikuti Isbat Nikah Massal

  • 28 Juli 2022 10:43:23
  • Views: 4

BENGKULU - Puluhan pasangan suami istri (pasutri) yang mayoritas telah berusia lanjut antusias mengikuti isbat nikah secara massal di Kabupaten Kepahiang Bengkulu. Meski telah puluhan tahun membina rumah tangga, mereka tetap ingin melegalkan pernikahan mereka secara hukum.

Sidang isbat nikah massal digelar Pemkab Kepahiang Bengkulu. Dari 49 pasang peserta isbat nikah, mayoritas dari mereka telah berusia lanjut, bahkan ada yang telah menginjak usia 74 dan 72 tahun dan telah membina rumah tangga selama 57 tahun.

BACA JUGA:Strategi Politik Pernikahan Pangeran Diponegoro dengan Anak Bupati Cepu 

Meski di usia senja mereka, namun pasutri yang mengikuti sidang isbat nikah ini tetap antusias melegalkan pernikahan mereka secara hukum dan mendapatkan buku nikah.

Para pasangan lanjut usia ini mengaku banyak kendala yang dihadapi selama ini, sehingga mereka baru bisa melegalkan pernikahan mereka. Di antaranya karena saat menikah dahulu belum ada Kantor Urusan Agama atau KUA di desa mereka.

Selain itu, minimnya pengetahuan warga saat itu juga menyebabkan banyak warga yang hanya menikah secara agama. Salah satunya dialami oleh Baniamin, kakek 74 tahun ini mengaku sangat senang dengan adanya isbat nikah masal ini.

 BACA JUGA:Polisi Tangkap Pasutri Buronan Penipuan Loker Online, Korbannya Capai Ratusan Orang

Ia sendiri memerlukan buku nikah untuk keperluan mengurus surat tanah miliknya.

Pengadilan Agama Kepahiang Bengkulu mencatat, ada 800 pasutri di Kabupaten Kepahiang belum melegalkan pernikahannya secara hukum. Namun, jika ditelusuri lebih jauh ke desa-desa, angka ini bisa bertambah hingga ribuan pasutri.

Panitera Pengadilan Agama Kepahiang, Saibu mengatakan, isbat nikah massal ini digelar secara gratis oleh pemkab setempat dan akan digelar setiap tahun secara bertahap. Hal ini dilakukan agar seluruh masyarakat mendapatkan kesempatan dan hak yang sama atas legalitas status pernikahan mereka.


https://news.okezone.com/read/2022/07/28/340/2637647/puluhan-tahun-berumah-tangga-pasutri-lansia-antusias-ikuti-isbat-nikah-massal?page=1

Sumber: https://news.okezone.com/read/2022/07/28/340/2637647/puluhan-tahun-berumah-tangga-pasutri-lansia-antusias-ikuti-isbat-nikah-massal?page=1
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries Polisi,
events sidang isbat, Sidang Isbat 1 Syawal,
places BENGKULU,