Jepang Siap Kucurkan Investasi Puluhan Triliun ke Indonesia

  • 28 Juli 2022 08:32:00
  • Views: 3

KBRN, Jakarta: Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, Indonesia mendapatkan komitmen investasi hingga mencapai Rp75,4 triliun dari Jepang. Hal itu diungkap Bahlil, terkait hasil pertemuan Presiden Jokowi dengan CEO perusahaan Jepang. 

Bahlil mengungkapkan modal besar tersebut ditujukan teutama untuk investasi di bidang pembangunan methanol, pembangunan ekspansi industri mobil, dan sektor energi baru terbarukan (EBT).

Alhamdulillah kita bisa membuat deal bisnis dan bisa kita realisasikan tahun depan sebesar USD5,2 miliar atau setara Rp75,4 triliun, kata Bahlil.

Khusus untuk pembangunan pabrik methanol, investasi akan dilakukan di Papua Barat yang nantinya kolaborasi antara BUMN dengan swasta nasional. Bahlil menyebut, investasi ini demi pemerataan pertumbuhan ekonomi di wilayah timur Indonesia.

Menurut Bahlil, investasi dari Jepang juga akan tersebar di seluruh penjuru negeri. Mulai dari Maluku, Papua, Jawa Barat, dan beberapa provinsi lainnya. 

Ini buah kerja keras pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Presiden dalam mendorong reformasi terhadap berbagai regulasi yang selama ini menjadi suatu hambatan, ucapnya.

Itu juga membantah kalau ada persepsi seolah-olah Indonesia hanya fokus ke salah satu negara tertentu untuk investasi. Bapak Presiden memerintahkan semuanya harus terbuka, bebas, silakan berkompetisi, ujarnya.

Bahlil melanjutkan, Presiden juga menyampaikan secara tegas kepada para CEO Jepang, jika ada masalah dalam mengurus investasi silakan menghubungi Kementerian Investasi.

Ini adalah komitmen besar dan presiden membuka ruang bagi para pelaku-pelaku usaha atau investor dari Jepang. Sudah barang tentu norma, kaidah, aturan tetap kita akan berikan sebagai referensi dalam implementasi, katanya menutup. 

Sebelumnya dalam pertemuan dengan sejumlah CEO Jepang, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia menjadi salah satu tempat investasi terbaik.

Presiden Jokowi menyatakan Jepang merupakan salah satu investor terbesar di Indonesia dengan karakter investasi yang berkualitas.

Saya sangat menghargai kualitas investasi Jepang. Namun, saya juga berharap investor Jepang mempertimbangkan competitiveness-nya. Sehingga dapat bersaing dengan investor lain di Indonesia, kata Presiden. 

In short, kualitas baik, harga bersaing, itulah yang kita harapkan dan saya yakin Indonesia masih merupakan salah satu tempat investasi terbaik, ujarnya.

Sebagai negara demokrasi terbesar keempat di dunia, Presiden Jokowi menyebut check and balances dalam sistem pemerintahan Indonesia berjalan dengan baik. Selain itu, politik domestik Indonesia sangat stabil, dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup baik pascapandemi. 

Tahun yang lalu kita tumbuh 3,69 (persen) dan kuartal pertama tahun ini Indonesia ekonominya masih tumbuh 5,01 persen year on year, inflasi juga bisa dijaga di 4,35 (persen). Kemudian defisit fiskal juga cukup baik, saya kira tahun ini akan jatuh di bawah 4, ucapnya.

Presiden juga menyebut Indonesia masih memiliki cadangan devisa sebesar USD135 miliar dan bisa untuk 6-7 bulan impor. 

Saat ini, investasi di Indonesia diharapkan bisa untuk membangun ekonomi hijau. Termasuk di bidang transisi energi. 


https://rri.co.id/ekonomi/1556204/jepang-siap-kucurkan-investasi-puluhan-triliun-ke-indonesia?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/ekonomi/1556204/jepang-siap-kucurkan-investasi-puluhan-triliun-ke-indonesia?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh





Graph

Extracted

persons Bahlil Lahadalia, joko widodo,
companies ADA,
ministries BKPM, Kementerian Investasi,
organizations PERSEPSI,
nations Indonesia, Jepang,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, MALUKU, PAPUA, PAPUA BARAT,