PAHO Sebut Kasus Cacar Monyet di Amerika Capai 5.300

  • 28 Juli 2022 06:58:24
  • Views: 6

Supianto | Kamis, 28/07/2022 06:46 WIB

PAHO

Telapak tangan pasien kasus cacar monyet dari Lodja, sebuah kota yang terletak di dalam Zona Kesehatan Katako-Kombe, terlihat selama penyelidikan kesehatan di Republik Demokratik Kongo pada tahun 1997. Brian W.J. Mahy/CDC/Handout via REUTERS

JAKARTA, Jurnas.com - Organisasi Kesehatan Pan Amerika (PAHO) mengatakan pada hari Rabu (27/7) bahwa hampir 5.300 kasus cacar monyet sejauh ini telah dilaporkan di 18 negara dan wilayah di Amerika, dengan mayoritas di Amerika Serikat (AS), Kanada dan Brasil.

Wakil Direktur PAHO, Mary Lou Valdez mengatakan pada konferensi pers bahwa hampir semua kasus terus dilaporkan di antara pria yang berhubungan seks dengan pria berusia antara 25 dan 45 tahun.

Walaupun demikian, ia memperingatkan bahwa siapa pun bisa terkena penyakit cacar monyet terlepas dari jenis kelamin atau orientasi seksual mereka. Sejauh ini, tidak ada kematian akibat cacar monyet yang dilaporkan di wilayah tersebut.

Akhir pekan lalu, Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan wabah cacar monyet yang menyebar dengan cepat sebagai darurat kesehatan global, tingkat kewaspadaan tertinggi, dengan lebih dari 18.000 kasus dilaporkan secara global.

Asisten Direktur Sementara PAHO, Marcos Espinal mengatakan bahwa sekitar 10 negara di Amerika telah mengatakan bahwa mereka tertarik untuk membeli vaksin cacar monyet, tetapi tidak mengungkapkan negara mana.

PAHO juga mengungkapkan bahwa pihaknya  dalam pembicaraan dengan produsen untuk membeli vaksin generasi ketiga melawan penyakit itu dan mengharapkan beberapa pasokan tiba tahun ini, meskipun dalam jumlah terbatas.

Kami pikir kami akan memiliki vaksin tahun ini, kata Espinal.

Meski begitu, kepala organisasi unit manajemen bahaya infeksi, Andrea Vicari, mengatakan risiko cacar monyet untuk populasi umum tetap sangat rendah dan kampanye vaksinasi massal tidak direkomendasikan saat ini.

Sumber: Reuters

TAGS : Amerika Serikat Cacar Monyet Negara Bagian Monkeypox PAHO

https://www.jurnas.com/artikel/121241/PAHO-Sebut-Kasus-Cacar-Monyet-di-Amerika-Capai-5300/
 
Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/121241/PAHO-Sebut-Kasus-Cacar-Monyet-di-Amerika-Capai-5300/
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Reuters,
ngos WHO,
parties PAN,
events vaksinasi,
products vaksin,
nations Amerika Serikat, Brasil, Kanada, Republik Demokratik Kongo,
places DKI Jakarta,
animals Monyet,