CCTV 'Bantah' Alibi Brigadir J Dibunuh Antara Magelang-Duren Tiga

  • 28 Juli 2022 05:52:16
  • Views: 10

Kamis, 28 Juli 2022 - 05:44 WIB

VIVA Nasional – Satu persatu barang bukti terkait penyebab kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat 
atau Brigadir J mulai terkuak. Terbaru, selain proses ekshumasi, autopsi ulang hingga visum jenazah Brigadir J, Komnas HAM juga mengungkap fakta-fakta dari rekaman video CCTV mulai dari Magelang-Jawa Tengah hingga Duren Tiga-Jakarta Selatan.

Magelang-Duren Tiga menjadi lokasi yang ikut disorot karena diyakini sebagai tempat kejadian perkara (TKP), sebagaimana alibi pengacara Johnson Panjaitan yang menyebut Brigadir J dihabisi nyawanya dalam perjalanan dari Magelang-Jakarta.

Pihak pengacara bersama pihak keluarga sampai pada kesimpulanbahwa Brigadir J tewas bukan akibat baku tembak, namun ada dugaan upaya penganiayaan yang didasarkan adanya sejumlah luka di tubuh jenazah Brigadir J.  

Kami masih berkeyakinan bahwa ini bukan cuma tembak-menembak. Ini ada penganiayaan ya dan juga lokasinya juga tidak di sini (rumah Ferdy Sambo) ya, kata Jhonson menemui awak media di Komplek Polri Duren Tiga Jakarta Selatan, Sabtu 23 Juli 2022. 

Rumah

Rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, Kompleks Polri Duren Tiga, Pancoran, Jakarta.

Alibi tim pengacara Brigadir J itu kemudian diuji melalui alat bukti. Polri bergerak dengan menyita sejumlah CCTV yang merekam perjalanan rombongan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo beserta istri, kemudian ajudan - termasuk Brigadir J - dari Magelang ke Jakarta via jalur darat. 

CCTV tersebut diteliti oleh Labfor Polri, video rekaman dilakukankalibrasi demi kecocokan waktu di mana kasus dugaan pembunuhan tersebut terjadi. Sebab, waktu yang ada di CCTV dengan realtime kejadian harus sama, baru bisa dijadikan alat bukti.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1502716-cctv-bantah-alibi-brigadir-j-dibunuh-antara-magelang-duren-tiga

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1502716-cctv-bantah-alibi-brigadir-j-dibunuh-antara-magelang-duren-tiga
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ferdy Sambo, Johnson,
companies ADA,
ministries Polisi,
ngos Komnas HAM,
topics autopsi,
products CCTV,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Duren Tiga, Magelang, Pancoran,
cases HAM, pembunuhan, penganiayaan,