Menhub Apresiasi Inisiatif Perusahaan Otomotif Bangun Ekosistem Mobil Listrik

  • 27 Juli 2022 20:59:10
  • Views: 2

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi inisiasi yang dilakukan lima Agen Pemegang Merek (APM) otomotif dalam membangun ekosistem mobil listrik di Indonesia. Harapannya, kendaraan listrik bisa semakin populer.

Lima APM tersebut diantaranya Mitsubishi Motors, Nissan, FUSO, Isuzu dan Toyota. Kelimanya memulai proyek Joint Project for Electric Vehicle (EV) Ecosystem: EV Smart Mobility yang di luncurkan Rabu 27 Juli 2022 di Sofitel Hotel Nusa Dua Bali.

Proyek ini bertujuan untuk mempopulerkan kendaraan listrik serta pengurangan emisi karbon. Kemudian juga membantu upaya revitalisasi sektor industri pariwisata di Indonesia sekaligus mendukung sektor logistik untuk selanjutnya berkolaborasi dengan bisnis lokal khususnya di wilayah Bali.

Proyek ini sangat bagus. Saya sangat mengapresiasi ini menunjukkan bahwa setiap pihak konsisten dengan visi misi Presiden yaitu pembangunan berkelanjutan dan membuat suatu energi bersih dan hemat energi. Saya sampaikan apresiasi terhadap Mitsubishi Motors, Nissan, FUSO, Isuzu dan Toyota yang telah bersinergi dalam penyelenggaraan acara ini, kata Menhub Budi mengutip keterangan resmi, Rabu (27/7/2022).

Diketahui, dalam hal penanganan perubahan iklim dan penurunan emisi pada sektor transportasi di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden No 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. Selain itu ada peraturan-peraturan turunan lainya dari Kementerian/ Lembaga terkait.

Upaya membangun EV Ecosystem tidak bisa dilakukan terpisah-pisah, namun harus dilakukan secara terintegrasi antar lintas sektor, baik dari sisi pemerintah maupun swasta. Sinergi lintas antara pemerintah ataupun perusahaan swasta ini akan makin mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi di Indonesia.

“Pengembangan suatu ekosistem kendaraan listrik harus dilakukan secara sinergi dan bekerjasama antar lintas sektor, baik dari sisi pemerintahan maupun swasta. Ditandai dengan kegiatan sinergi kali ini ada PLN, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Perhubungan, dan industri. Kerja sama pemerintah dan swasta ini harus selalu intens dilakukan. Apalagi berkaitan dengan suatu inisiatif baru yang berkaitan dengan visi berkelanjutan, jelas Menhub Budi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Toyota meluncurkan mobil imut yang diberi nama I-Road. Mobil mungil ini bergerak dengan baterai bermuatan listrik dan bisa dipacu hingga 60 KM/jam.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5025828/menhub-apresiasi-inisiatif-perusahaan-otomotif-bangun-ekosistem-mobil-listrik

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5025828/menhub-apresiasi-inisiatif-perusahaan-otomotif-bangun-ekosistem-mobil-listrik
Tokoh



Graph

Extracted

persons Budi Karya Sumadi,
companies ADA, Mitsubishi Corp, WhatsApp,
ministries Kemenhub, Kementerian Perhubungan,
bumns PLN,
topics Listrik,
products kendaraan listrik,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
transportations mobil listrik,
brands Isuzu, Mitsubishi, Nissan, Toyota,