Komnas HAM Buka Peluang Periksa Ferdy Sambo jika Semua Tahapan Ini Rampung

  • 27 Juli 2022 19:46:33
  • Views: 4

BEKASI - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) membuka peluang untuk memeriksa Kadiv Propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo terkait kasus penembakan Bharada E dan Brigadir J di rumah dinasnya.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan, pemeriksaan Sambo akan dilakukan jika semua tahapan dan bahan yang dimiliki Komnas HAM rampung diperiksa. Misalnya dalam konteks Sambo terdapat rekam komunikasi dari keterangan saksi yang lain maupun jika Sambo masuk dalam CCTV yang ada.

Sambo akan diperiksa kalau tahapan-tahapan dan semua bahan yang kita punya selesai, misalnya dalam konteks komunikasi, rekam komunikasinya kaya apa, keterangan yang lain, keterangannya kaya apa, ucap Anam dalam konferensi pers, Rabu (27/7/2022).

(Atau) dalam posisi CCTV terekam, nanti kaya apa proses CCTV-nya baru itu semuanya kita ambil baru kita akan panggil Irjen Sambo, tuturnya.

Baca juga: Komnas HAM Pastikan Brigadir J Masih Hidup sampai Tiba di Duren Tiga

Komnas HAM, tambah Anam, saat ini memang sudah mendapatkan CCTV yang diperlukan. Hanya saja, CCTV ini akan didalami terlebih dahulu oleh pihaknya.

CCTV kita sudah dapat, cuman kita butuh keterangan beberapa pihak sehingga dari CCTV terus ada komunikasi terus ada kelengkapan keterangan baru ada panggilan Irjen Sambo, jelas dia.

Baca juga: 20 Rekaman CCTV Diperiksa Terkait Brigadir J, Komnas HAM: Tidak Ada Editing

Sebelumnya, Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menyatakan bahwa bahwa Brigadir J masih hidup saat sampai di rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan. Brigadir J datang bersama istri Ferdy Sambo Putri Candrawati dan rombongan lainnya.

Hal ini disampaikan Choirul Anam setelah diperlihatkan 20 video yang diberikan kepada Komnas HAM dalam konferensi pers, Rabu (27/7/2022) petang.

Video itu memperlihatkan aktivitas dari Magelang, Jawa Tengah, rumah dinas Kadiv Propam di Duren Tiga, hingga RS Polri Kramatjati. Menurut Anam, dari video tersebut diketahui bahwa Irjen Ferdy Sambo sampai terlebih dahulu di rumah dinas Duren Tiga. Selang beberapa saat datang rombongan Putri Candrawati yang baru datang dari Magelang.

Baca juga: Komnas HAM Pastikan Rombongan Ferdy Sambo Tes PCR Sebelum Kematian Brigadir J


https://nasional.okezone.com/read/2022/07/27/337/2637434/komnas-ham-buka-peluang-periksa-ferdy-sambo-jika-semua-tahapan-ini-rampung?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/07/27/337/2637434/komnas-ham-buka-peluang-periksa-ferdy-sambo-jika-semua-tahapan-ini-rampung?page=1
Tokoh







Graph

Extracted

persons Choirul Anam, Ferdy Sambo, Listyo Sigit Prabowo,
companies ADA,
ministries Propam Polri,
ngos Komnas HAM,
products CCTV, PCR,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities Bekasi, Duren Tiga, Magelang,
cases HAM, penembakan,