Wapres Maruf Minta Lembaga Penghimpun Dana Sosial agar Lebih Transparan

  • 27 Juli 2022 18:46:35
  • Views: 9

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta agar lembaga-lembaga penghimpun dana sosial lebih transparan. Hal ini merespon adanya kepercayaan masyarakat yang hilang akibat kasus penggelapan dana seperti yang dilakukan lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT).

“Saya kira lembaga sosial Islam yang terpercaya itu banyak, ini ACT kan salah satu saja. Ini tidak boleh kemudian menghilangkan kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, kita mengingatkan kepada lembaga-lembaga seperti ACT ini harus lebih transparan ya, tegas Wapres di sela agenda Energy Transition Working Group (ETWG) G20 Seminar Series di Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (27/7/2022).

“Dengan transparansi itu orang akan bisa percaya. Jadi nanti laporan-laporan keuangannya agar lebih terbuka sehingga tidak ada lagi dugaan-dugaan (penyelewengan), tambahnya.

 BACA JUGA:MUI Setop Kerja Sama dengan ACT Setelah Izinnya Dicabut

Selain itu, Wapres pun memastikan lembaga-lembaga penghimpun dana sosial seperti wakaf yang dikelola pemerintah terpercaya dan transparan. Sehingga dengan adanya kasus ACT tidak menyurutkan niat baik masyarakat untuk berwakaf.

Apalagi, kata Wapres, para nadzir pengelola dana sosial wakaf ini akan dilakukan pelatihan juga sertifikasi.

“Ini memang sedang berusaha untuk membangun semacam wakaf itu, nadzir-nadzir wakaf yang mengelola wakaf yaitu juga dilakukan pelatihan-pelatihan, sertifikasi, kemampuan mengelola kemudian juga saluran yang melalui lembaga yang terpercaya sehingga semuanya terus terbuka, tuturnya.

 BACA JUGA:Bareskrim Bongkar Jenis Perusahaan Cangkang Milik ACT

“Jadi saya pikir (meningkatkan) kepercayaan masyarakat. Apalagi ini dikelola oleh pemerintah. Ini semua akan transparan, terbuka karena dikelola oleh pemerintah, tegas Wapres.

(wal)


https://nasional.okezone.com/read/2022/07/27/337/2637318/wapres-maruf-minta-lembaga-penghimpun-dana-sosial-agar-lebih-transparan?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/07/27/337/2637318/wapres-maruf-minta-lembaga-penghimpun-dana-sosial-agar-lebih-transparan?page=1
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Dana,
ngos ACT,
institutions MUI,
religions Islam,
fasums Grand Hyatt,
places DKI Jakarta,
musicclubs IZ*ONE,