Tolak Rencana Wagub DKI Pindahkan Lokasi Citayam Fashion Week, Putri Mendag Zulhas: Bukan Hak Kita

  • 27 Juli 2022 15:47:45
  • Views: 11

Suara.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani mengaku tak sepakat dengan rencana Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memindahkan lokasi Citayam Fashion Week (CFW) dari Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Putri Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan itu menganggap tidak seharusnya mereka dipindahkan.

Zita menilai CFW merupakan fenomena alami yang terjadi di ruang publik. Pemindahan tidak seharusnya dilakukan jika bukan kehendak mereka yang berpartisipasi di dalamnya.

Saya enggak setuju (lokasi CFW dipindah). Kenapa? Itu bukan hak kita untuk memindahkan karena ini kan fenomena alami. Kalau mereka yang mau pindah, boleh, ujar Zita kepada wartawan, Rabu (27/7/2022).

Zita sendiri juga mengaku berkeinginan menambah lokasi CFW di tempat lainnya, seperti Banjir Kanal Timur (BKT), Jakarta Timur. Jika usulan ini dijalankan, CFW di Dukuh Atas tetap berjalan selang-seling dengan di BKT.

Baca Juga: Jaga Ketat Zebra Cross Citayam Fashion Week di Dukuh Atas, Polisi ke Warga: Silakan Selfie di Trotoar

Kita boleh memfasilitasi, misalnya hari Jumat di SCBD (Dukuh Atas), Sabtu di BKT, lalu di PIK, misalnya. Tapi, enggak boleh memaksa, hanya boleh memfasilitasi saja, ujar dia.

Penampakan
Penampakan polisi hingga petugas dishub jaga ketat cross Citayam Fashion Week di Dukuh Atas. (Suara.com/Arga)

Zita juga mengaku sudah mencoba mengunjungi langsung CFW di Dukuh Atas. Ia juga tampil melakukan catwalk di zebra cross bersama salah satu ikon CFW, Roy.

Setelah datang langsung, Zita menilai sisi positif kegiatan ini juga memberikan dampak pertumbuhan ekonomi karena mendongkrak pembelian produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat. Namun, ada juga dampak negatifnya seperti membuat tempat itu jadi semrawut.

Di sana itu ada sisi positif ada negatifnya. Positifnya UMKM-nya tumbuh semua, kedai-kedai kopi, kedai kedai rumah makan, kaki lima, semuanya yang tadinya sepi ramai sekali. Jadi, roda ekonomi berputar, tutur Zita.

Tapi ada negatifnya. Memang agak kotor, juga banyak anak di bawah umur. Itu yang jadi catatan. Tapi kita sebagai wakil rakyat itu harus adil memfasilitasi, pungkasnya.

Baca Juga: Ramai Jadi Ajang Citayam Fashion Week, Ini Aturan dan Fungsi Zebra Cross Seharusnya

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku ingin memindahkan lokasi Citayam Fashion Week dari kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Ia menyebut hal ini sudah mulai menjadi pembahasan serius pihak terkait.


https://www.suara.com/news/2022/07/27/154017/tolak-rencana-wagub-dki-pindahkan-lokasi-citayam-fashion-week-putri-mendag-zulhas-bukan-hak-kita

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/07/27/154017/tolak-rencana-wagub-dki-pindahkan-lokasi-citayam-fashion-week-putri-mendag-zulhas-bukan-hak-kita
Tokoh







Graph

Extracted

persons A Riza Patria, Zita Anjani, Zulkifli Hasan,
companies ADA,
ministries DPRD, Kemendag, Polisi,
topics Banjir,
fasums Sungai Banjir Kanal Timur,
products UMKM,
places DKI Jakarta,
cities Dukuh,
musicclubs iKON,