Konferensi Jurnalisme Data dan Komputasi Pertama di Asia Tenggara Resmi Digelar

  • 27 Juli 2022 13:10:23
  • Views: 11

Liputan6.com, Jakarta - Acara Data and Computational Journalism Conference Indonesia (DCJ-CI) yang digelar mulai dari 27 Juli hingga 30 Juli 2022 menjadi ajang pertukaran data antar jurnalis di dalam dan luar negeri, para praktisi dan penggiat jurnalis di Indonesia.

Konferensi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara ini dirancang untuk mempopulerkan jurnalisme data dan komputasi kepada jurnalis, mahasiswa dan juga dosen Jurnalistik di Indonesia.

Iya, kami panitia berharap, dari konferensi ini bisa jadi ajang pembelajaran dan pertukaran pengetahuan jurnalisme data dan komputasi, antara praktisi dan edukator dari Indonesia ataupun luar negeri, ungkap Project Officer DCJ-CI 2022, Utami Diah Kusumawati, Rabu (27/7/2022).

Dari ilmu yang diberikan selama empat hari konferensi, juga bisa membekali para jurnalis dengan keahlian dan pengetahuan terkini, demi mencegah terjadinya disinformasi, khususnys di era digital.

Para ahli dan praktisi di bidang jurnalisme data dan komputasi yang bergabung terdiri dari berbagai negara. Seperti Amerika Serikat, Inggris, Malaysia, Singapura, Swedia, Australia, Nepal, juga termasuk dari Indonesia sendiri.

Konferensi akan dibagi menjadi enam panel diskusi interaktif, 14 seminar bedah proyek, serta ada enam pelatihan. Baik dilakukan secara online ataupun offline di Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Kemarin antusias pesertanya sangatlah tinggi, terakhir pada saat penutupan registrasi DCJ-CI 2022 ada 1.205 peserta yang mendaftar. Dan itu bukan hanya dari jurnalis sebagai sasaran utama kami, melainkan peserta datang juga dari mahasiwa, dosen hingga pegawai lembaga pemerintahan Indonesia, tutur Utami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Maraknya peredaran hoaks membuat kita harus lebih teliti lagi dalam meneliti informasi yang diterima. Oleh karena itu, chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta hadir untuk melawan misinformasi dan disinformasi yang kian masif menyebar di masyarakat, baik ...


https://www.liputan6.com/tekno/read/5025288/konferensi-jurnalisme-data-dan-komputasi-pertama-di-asia-tenggara-resmi-digelar

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/5025288/konferensi-jurnalisme-data-dan-komputasi-pertama-di-asia-tenggara-resmi-digelar
Tokoh

Graph