Jokowi dan Xi Jinping Bertemu, Ini 7 Poin Kesepakatan Kerja Sama Dua Negara

  • 27 Juli 2022 10:38:03
  • Views: 8

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Jokowi pekan ini melakukan kunjungan kenegaraan ke beberapa negara.

Pertemuan Jokowi yang pertama yakni dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing pada Selasa 26 Juli 2022.

Presiden Jokowi adalah Kepala Negara pertama yang diterima Tiongkok pasca penyelenggaraan Olimpiade Beijing.

Dalam YouTube Sekretariat Presiden, sambutan hangat dari RRT sangat terlihat dengan dijemputnya Jokowi beserta Ibu Iriana dijemput menggunakan mobil mewah bergaya retro Hongqi L5.

Baca Juga: Sekolah Perlu Waspadai Cyberbullying, Perundungan di Dunia Maya

Presiden Jokowi langsung disambut hangat oleh Presiden Xi dengan melakukan foto bersama.

“Yang Mulia adalah Kepala Negara pertama yang diterima pihak Tiongkok setelah Olimpiade Musim Dingin Beijing. Hal ini cukup membuktikan betapa mesranya antara hubungan kedua pihak, ujar Xi.

Dalam agenda pertemuan tersebut, kedua pemimpin Negara menyampaikan komitmen bersama untuk memperkuat kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan.

“RRT adalah mitra strategis komprehensif Infonesia. Kita harus mengisi kemitraan tersebut dengan kerja sama yang menguntungkan untuk negara kita, dan sekaligus untuk kawasan dan dunia, ujar Jokowi.

Baca Juga: Ridwan Kamil Dituding Ngemis Dana Pembangunan Masjid Al Mumtadz, Netizen: Selow Kang

Dalam hal ini Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri Indonesia memberikan keterangan usai pertemuan mengatakan, ada dua poin penting bahasan yaitu kerja sama ekonomi, serta membahas berbagai isu, antara lain isu kawasan dan dunia.

Menlu Retno juga membeberkan bahwa kerja sama ekonomi hijau menjadi fokus RRT, antara lain melalui pembangunan Green Industrial Park di Kaltara.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015113850/jokowi-dan-xi-jinping-bertemu-ini-7-poin-kesepakatan-kerja-sama-dua-negara

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015113850/jokowi-dan-xi-jinping-bertemu-ini-7-poin-kesepakatan-kerja-sama-dua-negara
Tokoh











Graph