Pemkot Surabaya Fokuskan Pencegahan HIV pada Remaja Usia 15 hingga 24 Tahun

  • 27 Juli 2022 09:20:01
  • Views: 3

MerahPutih.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya mencatat kasus human immunodeficiency virus (HIV), mengalami penurunan di semester I tahun 2022.

Pada semester pertama 2021 tercatat 316 kasus atau menurun dari periode yang sama di tahun 2021 yang tercatat sebanyak 364 kasus HIV.

Baca Juga:

Troye Sivan Bintangi Film tentang HIV/AIDS

Kepala Dinkes Surabaya Nanik Sukristina mengatakan, pihaknya terus melakukan tracing virus yang menginfeksi sel darah putih tersebut. Diantaranya memperkuat pencegahan dan layanan pengobatan.

Yaitu diantaranya melakukan upaya promotif dan preventif melalui komunikasi informasi dan edukasi (KIE) kepada kelompok rentan, tandasnya.

Ia mengatakan, upaya tersebut difokuskan pada remaja usia 15 hingga 24 tahun, ibu hamil, pengguna napza suntik (penasun), lelaki seks lelaki, dan wanita pekerja seks (WPS). Selain itu, Dinkes berfokus pada pasien penyakit tertentu yang berpotensi dibarengi infeksi HIV.

Diantaranya tuberkulosis (TB), dermatitis, infeksi menular seksual (IMS), bahkan diare kronis. Caranya, dengan mengintensifkan deteksi HIV sedini mungkin, tegas Nanik.

Ia mengatakan, ratusan kasus HIV di wilayahnya itu merupakan hasil penanganan kolaboratif antara Dinkes Surabaya dan instansi lain dan tentunya masyarakat. Sinergi ini menerapkan pengendalian forum multisektor.

Namun, Nanik tidak merinci ratusan kasus HIV itu ditemukan di wilayah mana saja. Kecamatan Sawahan menjadi wilayah dengan temuan HIV tertinggi, yakni sebanyak 17 kasus.

Merujuk data dinas kesehatan tahun 2020, jumlah temuan HIV di Surabaya mencapai 626 kasus. Persentase kasus didominasi pasien laki-laki sebanyak 469 orang atau 74,92 persen. Sementara, hanya 157 perempuan yang atau 28,08 persen. Pelayanan sesuai standar diberikan kepada 47.868 orang dengan risiko terinfeksi HIV.

Pemkot Surabaya menyiapkan layanan konseling tes HIV di berbagai tingkat fasilitas layanan kesehatan atau di antaranya, 63 puskesmas, 54 rumah sakit hingga kantor kesehatan pelabuhan. (Andika Eldon/ Jawa Timur)

Baca Juga:

Kasus HIV Global Meningkat, Lindungi Diri


https://merahputih.com/post/read/pemkot-surabaya-fokuskan-pencegahan-hiv-pada-remaja-usia-15-hingga-24-tahun

Sumber: https://merahputih.com/post/read/pemkot-surabaya-fokuskan-pencegahan-hiv-pada-remaja-usia-15-hingga-24-tahun
Tokoh



Graph

Extracted

persons Troye Sivan,
ministries Dinkes,
places JAWA TIMUR,
cities Surabaya,