Singapura Catat Total 10 Kasus Cacar Monyet

  • 27 Juli 2022 08:58:36
  • Views: 5

Supianto | Rabu, 27/07/2022 05:40 WIB

Singapura

Tabung reaksi berlabel Monkeypox virus positive terlihat dalam ilustrasi ini yang diambil pada 23 Mei 2022. (Foto: REUTERS/Dado Ruvic)

JAKARTA, Jurnas.com - Singapura melaporkan satu kasus lagi infeksi cacar monyet (monkeypox) pada Selasa (26/7). Dengan demikian total kasus di negara itu sejak Juni menjadi 10.

Kementerian Kesehatan (MOH) dalam pembaruan di situs webnya, orang yang terinfeksi kasus tersebut adalah seorang pria Taiwan berusia 28 tahun yang tinggal di Singapura dan baru saja kembali dari Kanada.

Ia pertama kali mengalami gejala pada 22 Juli, termasuk demam, sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri. Ia kemudian juga mengalami ruam, kata MOH.

Pria itu dirawat di Pusat Nasional untuk Penyakit Menular. Ia dalam kondisi stabil dan pelacakan kontak sedang berlangsung. Infeksi pria itu tidak terkait dengan kasus cacar monyet sebelumnya.

Cacar monyet adalah penyakit virus yang biasanya sembuh sendiri, dengan pasien pulih dalam 14 hingga 21 hari. Mereka yang terinfeksi biasanya mengalami demam, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, pembengkakan kelenjar getah bening, menggigil, lesu dan ruam.

Dari 10 kasus cacar monyet yang diumumkan di Singapura sejak Juni, lima kasus impor dan lima kasus lokal. Tak satu pun dari kasus sejauh ini terkait.

Awal pekan ini, Menteri Kesehatan Ong Ye Kung mengatakan, MOH tidak merekomendasikan vaksinasi massal penduduk Singapura terhadap cacar monyet, mengulangi sikap kementerian tentang penyakit virus tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Sabtu menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global.

Sumber: CNA

TAGS : Singapura Cacar Monyet Monkeypox

https://www.jurnas.com/artikel/121175/Singapura-Catat-Total-10-Kasus-Cacar-Monyet/
 
Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/121175/Singapura-Catat-Total-10-Kasus-Cacar-Monyet/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
ngos WHO,
events vaksinasi,
nations Kanada, Singapura, Taiwan,
places DKI Jakarta,
animals Monyet,