Milad ke-47 MUI, Ma’ruf Amin Minta Aktifkan Kembali Forum Ukhuwah Islamiyah

  • 27 Juli 2022 08:49:03
  • Views: 3

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) berperan penting sebagai Shodiqul Hukumah (mitra pemerintah), Khidmatul Ummah (pelayan umat) dan Himayatul Ummah (pelindung umat).

Oleh karena itu, dia menilai MUI harus dapat menyatukan umat Islam untuk memajukan Indonesia, salah satunya dengan pengaktifan kembali Forum Ukhuwah Islamiyah atau forum himpunan seluruh Da’i.

Saya minta supaya ada Pusat Dakwah Islam yang dilakukan oleh MUI yang menghimpun seluruh Da’i dari ormas-ormas maupun juga dari lembaga-lembaga menjadi satu kegiatan dakwah yang terkoordinasi dan terintegrasi supaya arahnya sama, kata Ma’ruf pada acada Milad MUI, Selasa, (26/07/2022) malam.

Dia menyebut, diperlukan penyamaan gerakan koordinasi antar ormas Islam yang dilakukan oleh suatu lembaga, yaitu pemimpin lembaga seperti MUI.

Gerakan yang terkoordinasi sehingga semuanya berjalan bersama di bawah tenda besar yaitu pimpinan MUI. MUI adalah menjadi Imamah Institusionaliyah, nah ini. Pemimpin secara kelembagaan, jelas Ma'ruf.

Dalam acara yang bertemakan Merajut Kesatuan dan Kekuatan Umat Dalam Kebhinekaan tersebut, dia menekankan selalu memegang teguh prinsip-prinsip MUI, agar tercipta pemahaman yang sama sehingga umat Islam di Indonesia selalu bersatu.

Kita tidak boleh ada ego kelompok. Fanatisme kelompok kesampingkan, itu baru kita bisa membangun ukhuwah dan kesatuan umat Islam dalam bingkai kesatuan NKRI, kata Ma'ruf.

 

Pasca Thailand menjadi negara pertama di Asia yang melegalkan penanaman ganja dan mengonsumsinya dalam minuman dan makanan, wacana legalisasi di Indonesia menguat.


https://www.liputan6.com/news/read/5025007/milad-ke-47-mui-maruf-amin-minta-aktifkan-kembali-forum-ukhuwah-islamiyah

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5025007/milad-ke-47-mui-maruf-amin-minta-aktifkan-kembali-forum-ukhuwah-islamiyah
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries MA,
institutions MUI,
religions Islam,
topics NKRI,
products Ganja,
nations Indonesia, Thailand,
places DKI Jakarta,