Puluhan UMK Kalimantan Selatan Siap Berjualan di Marketplace Pertamina

  • 27 Juli 2022 06:58:31
  • Views: 8

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) melalui Program Pendanaan UMK (PUMK) turut andil untuk meningkatkan kualitas para pengusaha di sektor yang tahan terhadap krisis itu.

Ribuan mitra binaan perusahaan, termasuk 67 UMK asal Kalimatan Selatan, kini telah naik kelas dan aktif memasarkan produknya secara langsung. UMK ini juga siap hadir di smexpo.pertamina.com, sebuah marketplace yang disediakan khusus oleh Pertamina.

“Kami memiliki beberapa program bagi para UMK, mulai dari program pendanaan usaha mikro kecil hingga pelatihan-pelatihan yang bertujuan UMK naik kelas, mengikuti kebutuhan zaman, jelas Area Manager Communication & CSR Regional Kalimantan, Susanto August Satria, dalam acara bincang-bincang bertema Jelajah Warna Warni Kalimantan, saat puncak acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2022.

Ada tiga hal utama yang dilakukan Pertamina untuk membina UMK yaitu pelatihan UMK berbasis naik kelas, Program Pendanaan UMK, dan mendekatkan UMK ke pasar nasional dan global. Pelatihan-pelatihan dilakukan agar pelaku usaha mampu mengikuti kebutuhan zaman.

“Pertamina berkolaborasi aktif dengan berbagai pihak termasuk mengambil peran dalam Gernas BBI 2022. UMK yang berhasil naik kelas melalui pelatihan dan program yang kami siapkan, kami ajak mengikuti berbagai pameran dari tingkat lokal hingga internasional, termasuk menyediakan marketplace di smexpo.pertamina.com untuk memasarkan produk UMK,“ katanya.

Di antara UMK mitra binaan Pertamina di Kalsel yang sudah naik kelas dan menjadi UMK terbaik yang ikut dalam Gernas BBI Kalsel 2022 adalah Sasirangan Kayuh Baimbai, D2tya Handmade dan Rumah Disabilitas Borneo.

Sasirangan Kayung Baimbai dirikan Siti Masmurah, pensiunan guru, yang sejak 1996 sudah mendapatkan pinjaman modal dari Pertamina. Dia kemudian menyerahkan usahanya kepada anaknya, Eva Wani Rosita.

“Saya sangat terbantu oleh Pertamina. Saya meneruskan usaha Ibu yang awalnya dibantu Pertamina. Alhamdulillah usaha terus berkembang, bisa menyekolahkan anak di Fakultas Kedokteran dan punya home base di Jakarta. Kalau tidak dibantu Pertamina, saya tidak tahu waktu itu usaha ini bisa jalan atau tidak, tutur Eva.

Dia mengatakan sekarang sudah ada generasi penerusnya yang kemudian melakukan inovasi dan lebih dekat dengan kalangan milenial.

Bisnis yang sudah memiliki puluhan karyawan ini dikelola Muhammad Efsan Ridhoni, anak Eva, dan bergabung menjadi mitra binaan Pertamina pada 2019.

Nurhamdhany, pemilik D2tya Handmade, menuturkan bisnisnya berawal dari hobi menyulam dan merajut.

Setelah pindah ke Banjarmasin, muncul ketertarikan untuk membuat produk aksesoris yang terbuat dari batu alam yang merupakan ciri khas dari Kalimantan Selatan.

“Produk tersebut sangat diminati para wisatawan untuk dibawa menjadi oleh-oleh. Pada 2014, saya memulai bisnis yang bergerak dibidang craft dan konsisten bergabung di komunitas-komunitas UMK,“ ungkapnya.

 


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5024970/puluhan-umk-kalimantan-selatan-siap-berjualan-di-marketplace-pertamina

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5024970/puluhan-umk-kalimantan-selatan-siap-berjualan-di-marketplace-pertamina
Tokoh



Graph

Extracted

persons Muhammad,
companies ADA, WhatsApp,
bumns PT Pertamina,
topics marketplace,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN SELATAN,
cities Banjarmasin,