Usai Bertemu Xi Jinping, Jokowi Lanjutkan Kunjungan Kerja ke Jepang

  • 27 Juli 2022 06:49:05
  • Views: 4

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melanjutkan rangkaian kunjungan kerja di Asia Timur, usai bertemu dengan Perdana Menteri Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping di Beijing China, Selasa (26/7/2022). Jokowi dan Iriana beserta delegasi bertolak menuju Tokyo, Jepang.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan rombongan lepas landas dari Bandar Udara Beijing Capital International Airport sekitar pukul 20.00 Waktu Setempat (WS) dengan pesawat Garuda Indonesia GIA-1.

Jokowi diperkirakan akan tiba di Bandar Udara Internasional Haneda di Tokyo pada Rabu, 27 Juli 2022 dini hari.

Tampak melepas keberangkatan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi yaitu Menteri Luar Negeri RRT Wang Yi, Wakil Menteri Luar Negeri RRT Wu Jiang Hao, Duta Besar RI Beijing Djauhari Oratmangun beserta istri, Atase Pertahanan RI Beijing Marsma Bayu Hendra Permana beserta istri.

Dalam penerbangan ke Tokyo, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Sebelumnya, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse Beijing, Selasa (26/7/2022). Jokowi disambut oleh Presiden Xi dan keduanya langsung melakukan foto bersama.

Setelahnya kedua pemimpin negara bersama-sama menuju ruang pertemuan.

Dalam sambutan pengantarnya, Xi Jinping mengucapkan selamat datang dan menyampaikan kegembiraannya dapat bertemu langsung dengan Jokowi.

“Yang Mulia adalah Kepala Negara pertama yang diterima pihak Tiongkok setelah Olimpiade Musim Dingin Beijing. Hal ini cukup membuktikan betapa mesranya antara hubungan kedua pihak, kata Presiden Xi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Selasa.

Kedua pemimpin menyampaikan komitmennya untuk memperkuat kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan bagi kedua negara sekaligus kawasan dan dunia.

RRT (China) adalah mitra strategis komprehensif Indonesia. Kita harus mengisi kemitraan tersebut dengan kerja sama yang menguntungkan untuk negara kita, dan sekaligus untuk kawasan dan dunia, jelas Jokowi.

 


https://www.liputan6.com/news/read/5024845/usai-bertemu-xi-jinping-jokowi-lanjutkan-kunjungan-kerja-ke-jepang

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5024845/usai-bertemu-xi-jinping-jokowi-lanjutkan-kunjungan-kerja-ke-jepang
Tokoh



















Graph