Menkominfo Tinjau Kemajuan Pembangunan Satelit di Amerika Serikat

  • 27 Juli 2022 00:40:25
  • Views: 5

KBRN, Jakarta: Menkominfo Johnny G. Plate melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat untuk memastikan pembuatan satelit di Boeing, SpaceX, dan Hughes Network System. Satelit yang sedang dibangun adalah satelit Hot Backup Satellite (HBS).

Boeing merupakan perusahaan manufaktur satelit untuk proyek Hot Backup Satellite (HBS).  Kemudian SpaceX yakni perusahaan penyedia roket peluncur (roket launcher) untuk HBS tersebut. Sedangkan Hughes Network System merupakan perusahaan yang menyediakan solusi broadband bagi satelit dengan teknologi Throughput Satellite (HTS) yang digunakan HBS.

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Anang Latif menjelaskan, ada beberapa alasan pentingnya pengembangan proyek HBS ini.

HBS dipilih dalam rangka menyediakan dukungan cadangan untuk memitigasi segala risiko yang mungkin terjadi pada satelit SATRIA-1. Selain memiliki fungsi utama sebagai cadangan bagi SATRIA-1, penyediaan HBS bertujuan untuk menambah kecepatan internet dan meningkatkan user experience, kata Anang yang turut dalam rombongan kunjungan Menteri Komunikasi dan Informatika ke Amerika, Selasa (26/7/2022).

Proyek pembuatan HBS sudah dimulai sejak 19 Oktober 2021 ketika BAKTI melaksanakan pengadaan Penyediaan Hot Backup Satellite untuk Transformasi Digital. 

Namun program HBS ini baru memulai konstruksinya tahun 2022 ini dan akan diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2023. Diharapkan pada kuartal keempat tahun 2023 sudah dapat beroperasi melayani masyarakat.

Keunggulan teknologi satelit ini merupakan pilihan tepat untuk mengatasi permasalahan pemerataan akses internet bagi negara yang  wilayahnya kepulauan seperti Indonesia.

Dengan satelit, titik-titik terpencil dapat dijangkau dengan relatif mudah dan merata. Teknologi satelit melengkapi berbagai penyediaan infratruktur akses sinyal dan internet yang telah dibangun Kementerian Kominfo. Seperti jaringan tulang punggung internet berkecepatan tinggi dan ribuan BTS 4G di daerah Terdepan, Terluar, dan tertinggal (3T), kata Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Ismail.


https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1554395/menkominfo-tinjau-kemajuan-pembangunan-satelit-di-amerika-serikat?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1554395/menkominfo-tinjau-kemajuan-pembangunan-satelit-di-amerika-serikat?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh



Graph