Deretan Fakta Presenter Televisi Brigita Manohara Penuhi Panggilan KPK

  • 26 Juli 2022 22:49:34
  • Views: 3

Liputan6.com, Jakarta Brigita Manohara, salah satu presenter televisi swasta kini tengah jadi sorotan publik karena menjadi saksi atas kasus dugaan gratifikasi sejumlah proyek di Kabupaten Memberamo Tengah, Papua. 

Dan pada Senin, 25 Juli kemarin, pemilik bernama lengkap Brigita Purnawati Manohara tersebut memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), setelah sebelumnya sempat mangkir pada 15 Juli 2022.

Pemanggilannya lantaran Brigita diduga telah menerima sejumlah uang dari Bupati Memberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (RHP) yang kini telah berstatus tersangka.

Ketidakhadirannya saat itu, belakangan dijelaskan Brigita karena dirinya tidak menerima surat pemanggilan KPK tersebut. Untuk diketahui, KPK mengirimkan surat tersebut ke alamat yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur.

Dari percakapan antara saya dan penyidik disampaikan bahwa surat pemanggilan tersebut dikirimkan ke alamat saya di Surabaya. Dan berdasarkan laporan jasa pengiriman diterima Brigita Purnawati Manohara selaku nama yang dituju surat itu, kata presenter televisi tersebut dilansir Antara.

Sementara, dari pihak Brigita Manohara mengaku dirinya telah pindah dari Surabaya ke Jakarta sejak akhir 2021.

Diketahui, meski telah menjadi tersangka keberadaan Ricky Ham masih buron. Bahkan mantan Bupati Memberamo Tengah tersebut kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) lantaran dua kali mangkir memenuhi panggilan KPK terkait dugaan gratifikasi.

Menurut Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, jejak Ricky yang hingga kini belum diketahui diduga mendapat bantuan dari orang-orang terdekatnya. Terkait hal ini, Ali pun menegaskan bahwa barang siapa yang berani menyembunyikan keberadaan tersangka akan dikenakan Pasal 21 UU Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Karena dapat dikenai pidana merintangi proses penyidikan perkara, tegas Ali, Senin, 18 Juli 2022.

Lantas, seperti apa perkembangan terbaru dari dugaan gratifikasi yang dilakukan Bupati Memberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak hingga membuat Brigita Purnawati Manohara ikut terseret dalam kasusnya?

Aksi teror KKB di Ilaga, Papua, bakar rumah yang dijadikan sebagai pusat kegiatan belajar masyarakat milik warga hingga melayangkan tembakan ke arah Polsek Ilaga.


https://www.liputan6.com/news/read/5024406/deretan-fakta-presenter-televisi-brigita-manohara-penuhi-panggilan-kpk

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5024406/deretan-fakta-presenter-televisi-brigita-manohara-penuhi-panggilan-kpk
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ali Fikri, Ricky Ham Pagawak,
ministries KPK,
products KKB,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR, PAPUA,
cities Surabaya,
cases HAM, korupsi, teror, Tipikor,