Ini Isi Pembicaraan Jokowi dan Xi Jinping dalam Pertemuan di China Hari Ini 26 Juli 2022

  • 26 Juli 2022 21:36:58
  • Views: 2

PIKIRAN RAKYAT – Presiden Jokowi (Joko Widodo) bersama Ibu Iriana telah menyelesaikan kunjungan pertamanya di Beijing, China, pada Selasa, 26 Juli 2022.

Jokowi bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri (Premier) Le Kiqiang.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, kunjungan Jokowi merupakan kunjungan pemimpin dunia pertama setelah Olimpiade Musim Dingin di Beijing pada awal 2022.

Retno mengatakan, fokus utama dalam pertemuan yang dilakukan oleh Jokowi adalah upaya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan.

Baca Juga: Protes Pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week Oleh Baim Wong, Warga SCBD: Dikira Asik, Ternyata Ngusik

Selain itu, kerja sama di bidang prioritas lainnya seperti bidang perdagangan, investasi, kesehatan, maritim serta berbagai isu kawasan dan dunia.

“Di dalam dua pertemuan tersebut tampak komitmen kuat dari pemimpin RRT (China) untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Indonesia, kata Retno.

Indonesia merupakan negara ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan memiliki tempat yang penting bagi China dan kawasan.

Saat ini, Indonesia memegang Presidensi G20 dan tahun depan menjadi Ketua ASEAN.

Retno juga mengungkapkan bahwa di bidang perdagangan, Indonesia mengalami peningkatan yang melebihi USD100 miliar serta penurunan defisit dari tahun sebelumnya.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015111149/ini-isi-pembicaraan-jokowi-dan-xi-jinping-dalam-pertemuan-di-china-hari-ini-26-juli-2022

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015111149/ini-isi-pembicaraan-jokowi-dan-xi-jinping-dalam-pertemuan-di-china-hari-ini-26-juli-2022
Tokoh











Graph