Buruh Geruduk Anak Usaha Garuda Indonesia 28 Juli 2022, Ada Apa?

  • 26 Juli 2022 20:59:57
  • Views: 2

Liputan6.com, Jakarta Kelompok buruh akan menggelar aksi demonstrasi di kantor PT Aerotrans Services Indonesia 28 Juli 2022. Ini merupakan anak usaha dari PT Garuda Indonesia.

Ketua Umum Serikat Pekerja Dirgantara, Digital, dan Transportasi - Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPDT-FSPMI) Iswan Abdullah menyampaikan, ada dugaan perusahaan belum memberikan hak pada pekerjanya.

Ini adalah anak perusahaan Garuda Indonesia (BUMN) yang bergerak di bidang transportasi angkutan darat, yaitu antar jemput karyawan dan karyawati Garuda Indonesia. Termasuk di dalamnya crew pesawat (pilot, co-pilot, pramugari, pramugara) dan seluruh kebutuhan transportasi darat PT. Garuda Indonesia, kata Iswan dalam keterangannya, ditulis Selasa (26/7/2022).

PT. Aerotrans Services Indonesia berdiri sejak tahun 1988. Sebelumnya bernama PT. Mandira Erajasa Wahana. Barulah kemudian pada tahun 2011, nama PT. Mandira Erajasa wahana berganti nama menjadi PT. Aerotrans Services Indonesia.

Menurut Iswan, perusahaan yang memperkerjakan kurang lebih 1000 orang ini belum memberikan hak normatif.

Kami menduga banyak pelanggaran yang di lakukan pihak perusahaan PT. Aerotrans Services Indonesia. Seperti status pekerja yang dari pekerja kontrak yang sudah bertahun tahun (ada yg sampai 15 tahun bekerja). Kemudian sejak tahun 2017 diubah oleh PT. Aerotrans Services Indonesia menjadi pekerja mitra (melanggar UU No.13 tahun 2003), ujarnya.

Pekerja yang bekerja sejak tahun 2017 telah menandatangani perjanjian kontrak kerja selama 3 kali berturut turut bahkan lebih. Karena setiap abis kontrak kerja langsung di perpanjang tanpa ada masa jeda waktu.

Di tahun 2017 PT Aerotrans Services Indonesia merubah pekerja kontrak menjadi pekerja mitra. Dalam prosesnya ada indikasi memaksa. Karena pekerja di suruh menandatangani surat pernyataan menjadi mitra hanya di beri pilihan setuju atau tidak setuju. Kalau tidak setuju dengan sistem mitra dan tidak mau menandatangani dipersilahkan keluar dari perusahaan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Maskapai nasional Garuda Indonesia akan membuka kembali penerbangan besok, Kamis (7/5/2020). Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyatakan, pukul 15.00 WIB hari ini, Garuda telah membuka reservasi penerbangan di situs resminya, Garuda-I...


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5024774/buruh-geruduk-anak-usaha-garuda-indonesia-28-juli-2022-ada-apa

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5024774/buruh-geruduk-anak-usaha-garuda-indonesia-28-juli-2022-ada-apa
Tokoh





Graph

Extracted

persons Irfan Setiaputra, Iswan Abdullah,
companies ADA, WhatsApp,
bumns Garuda Indonesia,
organizations FSPMI,
topics Buruh, kontrak kerja,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,