Xi Jinping Sebut Jokowi 'Yang Mulia', Terungkap 7 Misi yang Akan Dikerjakan Indonesia dan China

  • 26 Juli 2022 20:37:33
  • Views: 2

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Jokowi (Joko Widodo) melangsungkan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping pada hari ini, 26 Juli 2022.

Keduanya menegaskan kemitraan strategis antara Indonesia dan China dalam pertemuan tersebut.

Yang Mulia adalah Kepala Negara pertama yang diterima pihak Tiongkok setelah Olimpiade Musim Dingin Beijing, kata Xi Jinping kepada Jokowi dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada 26 Juli 2022.

Kemudian, Xi Jinping juga mengatakan bahwa pertemuannya dengan Jokowi cukup membuktikan betapa mesranya hubungan antara kedua negara.

Baca Juga: Protes Pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week Oleh Baim Wong, Warga SCBD: Dikira Asik, Ternyata Ngusik

Dalam sambutannya, Jokowi juga mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat kepada dirinya dan delegasi Indonesia.

Kedua pemimpin menyampaikan komitmennya untuk memperkuat kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan bagi kedua negara sekaligus kawasan dan dunia.

RRT (China) adalah mitra strategis komprehensif Indonesia. Kita harus mengisi kemitraan tersebut dengan kerja sama yang menguntungkan untuk negara kita, dan sekaligus untuk kawasan dan dunia, kata Jokowi.

Selain kerja sama ekonomi, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan bahwa kedua pemimpin juga membahas berbagai isu, di antaranya isu kawasan dan dunia.

Menurut Retno, Xi Jinping juga menegaskan komitmen untuk meningkatkan impor produk pertanian Indonesia.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015110480/xi-jinping-sebut-jokowi-yang-mulia-terungkap-7-misi-yang-akan-dikerjakan-indonesia-dan-china

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015110480/xi-jinping-sebut-jokowi-yang-mulia-terungkap-7-misi-yang-akan-dikerjakan-indonesia-dan-china
Tokoh









Graph