Kunjungan Jokowi ke China Disorot Media Asing, Bendera Indonesia Berkibar di Kota Terlarang

  • 26 Juli 2022 19:37:49
  • Views: 1

PIKIRAN RAKYAT – Presiden Jokowi (Joko Widodo) dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Beijing Capital International Airport, Beijing, China pada Senin, 25 Juli 2022.

Jokowi beserta rombongan akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di gedung tamu negara Diaoyutai di Hadian, pada Selasa, 26 Juli 2022, waktu setempat.

Media asing Aljazeera turut memberitakan kunjungan Jokowi ke China. Diberitakan oleh Aljazeera, Jokowi adalah pemimpin negara asing pertama yang diterima masuk ke China sejak Olimpiade Musim Dingin, bulan Februari lalu.

Trissia Wijaya, peneliti Pusat Kajian Kebijakan Indonesia, mengatakan kunjungan Jokowi akan saling menguntungkan.

Baca Juga: Protes Pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week Oleh Baim Wong, Warga SCBD: Dikira Asik, Ternyata Ngusik

“Ini juga merupakan peluang emas bagi Indonesia untuk membahas berbagai isu ekonomi, terutama dalam aspek investasi yang melibatkan China, kata Trissia Wijaya sebagai yang dikutip Pikiran-rakyat.com dari Aljazeera pada Selasa, 26 Juli 2022.

Untuk menyambut Presiden Jokowi berserta rombongan, pihak protokoler pemerintahan China mengibarkan bendera Merah Putih di pintu utama Istana Kota Beijing, pada selasa 26 Juli 2022.

Pengibaran bendera Merah Putih sebagai bentuk wujud berkenaan kunjungan bilateral Jokowi sebagai presiden pertama di dunia yang melakukan kunjungan resmi ke China, sejak Olimpiade Musim Dingin, lalu munculnya gelombang Covid-19 varian Omicron.

“Memang ini kunjungan tingkat tinggi pertama yang kami terima setelah Olimpiade Musim Dingin. Saya ingin katakan bahwa kami telah mendapatkan pengalaman yang berharga selama Olimpiade, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, sebagaimana yang dilansir dari Antara pada 26 Juli 2022.

Baca Juga: Viral Jeje Slebew Bilang Gerombolan Citayam Fashion Week adalah Zombi, Begini Komentar Netizen


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015109789/kunjungan-jokowi-ke-china-disorot-media-asing-bendera-indonesia-berkibar-di-kota-terlarang

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015109789/kunjungan-jokowi-ke-china-disorot-media-asing-bendera-indonesia-berkibar-di-kota-terlarang
Tokoh









Graph

Extracted

persons Baim Wong, Iriana joko widodo, joko widodo, Xi Jinping,
ministries Kementerian Luar Negeri, Kemlu,
topics Omicron,
events Olimpiade,
products emas,
nations Indonesia, Republik Rakyat Cina,
cities Beijing,
cases covid-19,