TPI Dikelola KUD Produksinya Capai Miliaran, Ganjar Pranowo: Ini Bagus, Nelayannya Sejahtera

  • 26 Juli 2022 19:38:04
  • Views: 2


PIKIRAN RAKYAT -
 Cerita keberhasilan koperasi di Cilacap dalam mengelola TPI dan meningkatkan capaian hasil membuat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sumringah. Menurutnya, itulah contoh manfaat koperasi bagi rakyat.

Hal itu disampaikan Ganjar usai menghadiri dan membuka acara peringatan Hari Koperasi Hybrid Expo Jawa Tengah 2022 di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Selasa (26/7). Koperasi tersebut saat ini beranggotakan 8.441 nelayan di wilayah Cilacap.

“Kami dipercaya oleh pemkab untuk mengelola TPI. Alhamdulillah dibawah kelola kami, capaian hasilnya setiap tahun meningkat, kata Ketua KUD Mino Saroyo Cilacap, Untung Jayanto saat acara.

Untung mengatakan, KUD-nya telah mengelola TPI sejak tahun 2009. Untung menyebut, koperasinya merupakan satu-satunya yang diberikan kepercayaan oleh pemda untuk mengelola TPI.

Baca Juga: Jangan Cuma Baim Wong, Netizen Minta Ridwan Kamil Tegur Uu Ruzhanul Ulum

“Produksi hasil tangkapan meningkat. Alhamdulillah pada tahun 2009 hanya produksi Rp 20-22 miliar, setelah dikelola koperasi produksinya tertinggi pernah sampai Rp 93 miliar, ujar Untung yang langsung diapresiasi Ganjar.

Saat ini, kata Untung, ada delapan kelompok nelayan di bawah naungan KUD Mino Saroyo. Komoditas utamanya antara lain ikan layur, tuna, cakalang dan udang.

“Nah begini bagus, koperasinya betul-betul manfaat dan mensejahterakan nelayan, kata Ganjar.

Ditemui usai acara, Ganjar mengatakan perkembangan koperasi di Jawa Tengah cukup baik. Koperasi saat ini, kata Ganjar harus beradaptasi dengan perubahan jaman. Pemerintah juga terus mengupayakan pendampingan serta fasilitasi kepada koperasi.

Baca Juga: Mabes Polri Turun Tangan Buru Pelaku yang Edit Profil Wikipedia Kapolda Metro Jaya


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015109626/tpi-dikelola-kud-produksinya-capai-miliaran-ganjar-pranowo-ini-bagus-nelayannya-sejahtera

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015109626/tpi-dikelola-kud-produksinya-capai-miliaran-ganjar-pranowo-ini-bagus-nelayannya-sejahtera
Tokoh









Graph

Extracted

persons Baim Wong, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Uu Ruzhanul Ulum,
companies ADA,
ministries Kapolda Metro jaya, Mabes Polri,
places JAWA TENGAH,
cities Cilacap,