Pemerintah Tunjuk Dua Laboratorium Deteksi Cacar Monyet di Indonesia

  • 26 Juli 2022 18:47:41
  • Views: 2

JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan PMK, Wiku Adisasmito mengungkapkan saat ini pemerintah telah menunjuk dua laboratorium untuk mendeteksi penyakit cacar monyet di Indonesia.

Wiku mengatakan upaya ini dilakukan seiring dengan ditetapkannya status darurat cacar monyet oleh WHO. Laboratorium yang ditunjuk pemerintah yakni Laboratorium Pusat Studi Satwa Primata (PSSP) Institut Pertanian Bogor (IPB) di Bogor dan Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof Dr Sri Oemijati di Jakarta.

“Dengan ditetapkannya status darurat internasional terhadap cacar monyet oleh WHO, pemerintah telah menyiapkan komponen-komponen yang diperlukan dalam usaha deteksi awal penyakit seperti penunjukan dua laboratorium untuk melakukan uji sampel, ungkap Wiku saat Konferensi Pers secara virtual, Selasa (26/7/2022).  

 Baca juga: Singapura Laporkan Kenaikan Kasus Cacar Monyet, Indonesia Belum Tutup Perbatasan

Selain itu, Wiku mengatakan pemerintah juga semakin gencar melakukan sosialisasi mengenai penyakit cacar monyet untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penyakit ini khususnya bagaimana penyakit dapat menular.

“Risiko-risiko yang dapat meningkatkan penularan serta cara terhindar dari penyakit ini. Masyarakat juga dihimbau untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat sebagai upaya perlindungan mandiri, katanya.

“Upaya-upaya ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit cacar monyet secara mencegah masuk dan menyebarnya penyakit ini ke Indonesia, tambah Wiku. 

(qlh)


https://nasional.okezone.com/read/2022/07/26/337/2636679/pemerintah-tunjuk-dua-laboratorium-deteksi-cacar-monyet-di-indonesia

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/07/26/337/2636679/pemerintah-tunjuk-dua-laboratorium-deteksi-cacar-monyet-di-indonesia
Tokoh



Graph

Extracted

persons Wiku Bakti Bawono Adisasmito,
ngos WHO,
institutions Institut Pertanian Bogor, IPB,
nations Indonesia, Singapura,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bogor,
animals Monyet,