Kylie Jenner dan Ribuan Orang Protes Tampilan Instagram yang Baru

  • 26 Juli 2022 18:16:50
  • Views: 8

KOMPAS.com - Media sosial besutan Meta, Instagram baru-baru ini merombak tampilan yang tampak semakin mirip dengan TikTok. Akan tetapi, tampilan baru ini justru menuai protes dari penggunanya.

Tidak hanya dari kalangan pengguna biasa saja yang mendukung petisi tersebut. Ternyata ada Kylie Jenner, salah satu publik figur yang paling berpengaruh di media sosial dengan jumlah pengikut (followers) Instagram mencapai 360 juta akun.

TangkapanInstagram @kyliejenner via Social Media Today Tangkapan layar Instagram Stories Kylie Jenner yang memohon dukungan untuk mengisi petisi agar Instagram mengembalikan tampilannya seperti semula.

Dukungan tersebut diunggah Kylie melalui Instagram Stories di akun pribadinya dengan handle @kyliejenner.

Unggahan tersebut berisikan gambar petisi yang dibuat dengan pesan “Pleaseee, yang artinya memohon dukungan dari para pengikutnya untuk membantu petisi tersebut.

Baca juga: Zuckerberg Pamer Tampilan Baru Instagram yang Mirip TikTok

Petisi tersebut dipelopori oleh salah seorang kreator sekaligus fotografer bernama Tati Bruening. Ajakan protes tersebut diunggahnya melalui laman Change.org.

“Buat Instagram, seperti Instagram lagi (seperti dahulu). Berhenti mengikuti TikTok, saya hanya ingin melihat foto-foto lucu dari teman-teman saya. Hormat, semua orang, tulis Tati melalui laman tersebut.

Baca juga: Induk TikTok Siapkan Aplikasi Mirip Instagram di China?

Di bagian bawah petisi, tertulis empat keinginan pengguna terhadap Instagram, antara lain sebagai berikut.

  • Menginginkan linimasa berdasarkan kronologis waktu
  • Berhenti mengikuti TikTok
  • Kembalikan algoritma yang memprioritaskan foto, bukan video
  • Menjadi platform yang mau mendengarkan kreator, bukan memaksa kreator untuk berubah mengikuti algoritma

Pengaruh Kylie yang cukup besar membuat petisi itu ditandatangani oleh ribuan orang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (26/7/2022). Bedasarkan pantauan di laman Change.org, Selasa siang (26/7/2022), petisi itu tercatat sudah ditandatangani oleh 116.211 orang.

Namun, hingga berita ini ditulis, Instagram masih belum memberikan tanggapan dan respons lebih lanjut terkait petisi tersebut.

Baca juga: Instagram Tak Mau Lagi Disebut Aplikasi Berbagi Foto

Disebut semakin mirip TikTok

Instagram menyadari bahwa popularitas TikTok sebagai aplikasi berbagi video pendek, cukup menghantui mereka. Untuk itu, mereka mencoba merombak tampilan Feed yang terlihat mirip dengan TikTok agar bisa bersaing dengan media sosial besutan ByteDance itu.


https://tekno.kompas.com/read/2022/07/26/17450097/kylie-jenner-dan-ribuan-orang-protes-tampilan-instagram-yang-baru
 

Sumber: https://tekno.kompas.com/read/2022/07/26/17450097/kylie-jenner-dan-ribuan-orang-protes-tampilan-instagram-yang-baru
Tokoh



Graph

Extracted

persons Kylie Jenner,
companies ADA, ByteDance, Instagram, TikTok,
nations Republik Rakyat Cina,