Bertemu Jokowi, PM China Sebut Bakal Tambah Impor 1 Juta Ton CPO Dari Indonesia

  • 26 Juli 2022 16:49:36
  • Views: 3

Suara.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri China Li Keqiang di Villa 5, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, China, Selasa (26/7/2022). Jokowi berharap melalui pertemuan tersebut kedua negara bisa membahas berbagai kerja sama di berbagai bidang.

Saat tiba, Jokowi disambut oleh PM Li dan langsung melaksanakan foto bersama. Setelahnya, Jokowi dan PM Li beserta masing-masing delegasi bersama-sama menuju ruang pertemuan.
 
Dalam sambutan pengantarnya, Jokowi menyampaikan kalau China merupakan mitra strategis Indonesia dan kedua negara telah berhasil mengisi kemitraan tersebut dengan kerja sama yang saling menguntungkan.
 
Dalam pertemuan dengan Premier Li saya berharap kita dapat membahas berbagai kerja kerja sama khususnya di bidang perdagangan, investasi, infrastruktur, keuangan, pendanaan, serta maritim, kata Jokowi.

Pertemuan
Pertemuan bilateral Presiden Jokowi dengan PM China Li Keqiang di Villa 5, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, China, Selasa (26/7/2022). (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jokowi menambahkan bahwa nilai perdagangan antara Indonesia dan China terus meningkat dan sudah melampaui USD 100 miliar. Kepala Negara berharap kerja sama tersebut dapat terus ditingkatkan.
 
Peluang untuk meningkatkan angka perdagangan sangat besar, ujarnya.
 
Dalam pertemuan tersebut pihak China menyampaikan komitmen untuk menambah impor CPO 1 juta ton dari Indonesia. Selain itu, China juga prioritaskan impor produk pertanian dari Indonesia.

Selain itu, kedua pemimpin juga membahas kerja sama pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara.

Baca Juga: Sule Sudah Beri Tablet untuk Baby Adzam Seharga Rp 2 Juta, Nathalie Holscher Belikan Ponsel Rp 18 Juta

Sementara itu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, kunjungan Presiden Jokowi ke Beijing merupakan kunjungan pertama pemimpin dunia yang dilakukan setelah Olimpiade Musim Dingin di Beijing pada awal 2022.

Fokus utama pertemuan kedua pemimpin adalah meningkatkan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan, ungkapnya.


https://www.suara.com/news/2022/07/26/160738/bertemu-jokowi-pm-china-sebut-bakal-tambah-impor-1-juta-ton-cpo-dari-indonesia

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/07/26/160738/bertemu-jokowi-pm-china-sebut-bakal-tambah-impor-1-juta-ton-cpo-dari-indonesia
Tokoh









Graph