Waspada Phising Semakin Mengintai, Berikut Jenis dan Tips Menghindarinya

  • 26 Juli 2022 16:37:29
  • Views: 2

PIKIRAN RAKYAT – Seiring dengan perkembangan zaman, kejahatan teknologi kini semakin menjamur.

Salah satu kejahatan yang muncul belakangan ini yakni phising yang tentunya sangat merugikan masyarakat.

Menurut Kementerian Keuangan Indonesia, phising merupakan upaya mengelabui untuk mendapatkan informasi data pribadi seseorang, seperti nama, usia, alamat, username dan password akun, maupun informasi kartu kredit dan rekening.

Tujuan dari kejahatan phising adalah untuk memancing seseorang secara sukarela atau tanpa disadari agar bisa memberikan data pribadinya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tegur Wagub Uu Buntut Kontroversi Ucapan Soal Kematian Bocah SD di Tasikmalaya

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Antara, Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom) Kalimantan Timur, Eko Junirianto, mengatakan untuk jangan mudah memberikan informasi data pribadi di media sosial.

Ia mengatakan, banyak masyarakat yang tertipu melalui fitur adsense atau situs palsu seperti yang beredar di Facebook dan Instagram.

Pelaku phising biasanya tampil sebagai institusi berwenang dengan website atau email palsu yang meyakinkan, dan data yang diperoleh bisa dimanfaatkan langsung oleh pelaku atau dijual ke pihak lain.

Di awal 2020 saja, telah ada 165.772 laman phising yang siap beredar berdasarkan informasi dari Anti Phising Working Group.


https://www.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-015106836/waspada-phising-semakin-mengintai-berikut-jenis-dan-tips-menghindarinya

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-015106836/waspada-phising-semakin-mengintai-berikut-jenis-dan-tips-menghindarinya
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ridwan Kamil,
companies ADA, Facebook, Instagram,
ministries Kementerian Keuangan,
organizations Aptikom,
nations Indonesia,
places JAWA BARAT, KALIMANTAN TIMUR,
cities Tasikmalaya,
cases phising,