Gegara Hujan, Ular Liar Bermunculan di Pemukiman Tangerang

  • 26 Juli 2022 08:48:35
  • Views: 4

Liputan6.com, Tangerang - Cuaca hujan yang terjadi di Kota Tangerang akhir-akhir ini, menyebabkan kelembaban meningkat, masyarakat diminta waspada terhadap banyaknya ular liar bermunculan.

Fenomena ini bermunculan karena sarang atau habitat asli ular tergenang air hujan dan menyebabkan ular mencari habitat baru, serta mendatangi wilayah tempat tinggal masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Ghufron Falveli. Dia mengungkapkan per harinya BPBD menerima 3 sampai 5 laporan untuk bantuan evakuasi ular disaat musim hujan seperti sekarang ini.

“Minggu ini bisa dibilang intensitas tertinggi untuk penanganan evakuasi ular. Dengan berbagai macam ular kami evakuasi, tapi untuk yang paling sering ialah ular sanca dan ular kobra, “ ungkap Ghufron, Senin (25/7/22).

Ghufron pun memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk untuk selalu menjaga kebersihan, sebagai bentuk pencegahan datangnya ular ke pemukiman warga. Mulai dari membuat pagar, tidak menumpuk barang-barang, serta memberikan wangi-wangian yang menyengat.

“Selain itu, sistem sirkulasi dan penyinaran matahari yang masuk kedalam rumah juga harus bagus dan perlu diperhatikan, karena ular sangat suka kondisi yang lembab, jelasnya.

Beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Adha, harga sejumlah komoditas, seperti cabai dan bawang, di Pasar Tradisional Anyar, Kota Tangerang, Banten, terus melonjak tajam. Bahkan di Kuningan, Jawa Barat, harga cabai dan bawang naik hingga 100 persen.


https://www.liputan6.com/news/read/5023985/gegara-hujan-ular-liar-bermunculan-di-pemukiman-tangerang

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5023985/gegara-hujan-ular-liar-bermunculan-di-pemukiman-tangerang
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BPBD,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
places BANTEN, JAWA BARAT,
cities Tangerang,
animals Ular,
plants Cabai,