Ikuti Uni Eropa dan Inggris, Australia Bakal Setop Jual Mobil Bensin dan Diesel

  • 25 Juli 2022 21:06:35
  • Views: 2

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Uni Eropa mengumumkan tidak akan lagi menjual mobil bermesin konvensiona pada 2035, kini giliran Australia yang mengumumkan langkah serupa. Dalam sebuah informasi, Australian Capital Territory (ACT), juga akan melakukan hal yang sama pada 2035.

Mengutip informasi Carsales Australia, Minggu (24/7/2022), ACT, merilis langkah yang diambil oleh pemerintah ini merupakan sebagai strategi untuk beralih ke kendaraan nol emisi. Masih dari laman tersebut, pemerintah Australia, menjadi negara ketiga setelah Uni Eropa dan Inggris yang secara resmi mengumumkan untuk tidak lagi menjual kendaraan bermesin pembakaran internal.

Pemerintah ACT membuat keputusan reformasi yang sulit sekarang untuk memudahkan transisi yang tak terhindarkan yang hanya tinggal satu dekade lagi. Dengan menetapkan target jangka panjang yang sejalan dengan ilmu iklim, warga Canberra akan mendapat manfaat dari kendaraan listrik yang lebih murah dengan biaya operasionalnya, jelas Kepala Eksekutif Dewan Kendaraan Listrik Australia, Behyad Jafari.

Meski langkah tersebut menjadi wacana yang bagus, namun keputusan tersebut juga mendapat tantangan dari Asosiasi Dealer Otomotif Australia. Adapun kekhawatiran tersebut didasari atas kemanusiaan di mana setelah peraturan tidak lagi memperbolehkan menjual mobil konvensional, akan ada orang yang putus kerja.

Kami memiliki kekhawatiran serius bahwa kebijakan ini akan memiliki konsekuensi buruk bagi industri otomotif, orang-orang yang mereka pekerjakan, dan konsumen di ACT, jelas CEO Asosiasi Dealer Otomotif Australia, James Voortman.

Menurutnya ada langkah lain yang setidaknya lebih baik ketimbang melarang penjualan mobil bermesin konvensional. Ia menyebutkan, salah satu hal yang bisa dilakukan oleh pemerintah Australia adalah dengan menerapkan standar CO2 agnostik.

Daripada melarang ICE secara mentah-mentah, cara terbaik untuk menurunkan emisi adalah dengan menerapkan standar CO2 agnostik teknologi. Sehingga produsen memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang perlu mereka capai dan diberi kebebasan untuk menerapkan teknologi apapun untuk mencapai tujuan itu, tambah James.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tesla Model S yang ditawarkan Prestige Image Motorcars merupakan edisi terbaru.


https://www.liputan6.com/otomotif/read/5022189/ikuti-uni-eropa-dan-inggris-australia-bakal-setop-jual-mobil-bensin-dan-diesel
 

Sumber: https://www.liputan6.com/otomotif/read/5022189/ikuti-uni-eropa-dan-inggris-australia-bakal-setop-jual-mobil-bensin-dan-diesel
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Prestige Image Motorcars, WhatsApp,
ngos ACT,
topics Listrik, Penjualan Mobil,
products kendaraan listrik,
nations Australia, Inggris, Uni Eropa,
places DKI Jakarta,
cities Canberra,
brands Tesla,