Apa Itu OI? Ormas Fans Iwan Fals Pernah Dituduh Pengacara Brigadir J Sebagai Organisasi Berbahaya

  • 25 Juli 2022 19:49:38
  • Views: 3

Suara.com - Sosok pengacara Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak mendapat perhatian khusus dari sosok musisi Iwan Fals. Pasalnya, pelantun lagu Galang Rambu Anarki menyinggung bahwa Kamaruddin pernah bersinggungan dengan dirinya.

Adapun Iwan Fals menyebut Kamaruddin menuduh sang istri musisi tersebut memalsukan tanda tangan untuk sebuah ormas bernama Oi

Tak tanggung-tanggung, Kamaruddin menyebut Ormas Oi sebagai organisasi berbahaya.

Cuitan Iwan Fals soal pengacara Brigadir J

Cuitan
Cuitan Iwan Fals soal pengacara Brigadir J (tangkapan layar)

Lho ini pengacara yang nuduh istri saya palsukan surat-surat Ormas Oi nih, dibilangnya juga bahwa Oi itu organisasi berbahaya...hmm.., kicau Iwan Fals melalui akun Twitter pribadinya.

Baca Juga: Curhat Nangis Ketakutan Mau Dibunuh, Keluarga Serahkan Bukti Elektronik Teror Pembunuhan Brigadir J ke Penyidik Polri

Usut punya usut, sang musisi tersebut punya sejarah panjang dengan Ormas Oi.

Lantas timbul pertanyaan di benak masyarakat, apa itu Ormas Oi? Berikut penjelasannya.

Ormas Oi: Berawal dari Fans menjadi Ormas

Logo
Logo Ormas Oi (Facebook/Ormas Oi)

Berdasarkan informasi yang tercantum dalam laman pusat data organisasi dan relawan, Indo Relawan menyebutkan bahwa Ormas Oi awalnya merupakan kelompok penggemar Iwan Fals.

Ormas Oi bermula saat para fans Iwan Fals dari 23 provinsi seantero Indonesia membentuk sebuah forum silaturahmi pada 14-16 Agustus 1999. Kala itu, mereka berkumpul di Desa Leuwinanggung Cimanggis Depok guna bertegur sapa.

Dalam ajang ramah tamah tersebut, muncul sebuah ide untuk membentuk ormas (Organisasi Masyarakat). 

Baca Juga: Kuasa Hukum Ahok Tunggu Permintaan Maaf Pengacara Brigadir J hingga Selasa Malam, jika Tidak Bakal Lapor Polisi

Sontak, komunitas yang awalnya hanya berbentuk wadah berkumpul sesama fans menjadi sebuah ormas terstruktur. Ormas Oi akhirnya menjadi wadah pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

Ormas Oi kini menghimpun anggota terutama para pemuda. Dengan organisasi yang diusung dengan sifat universal dan multidimensi, para anggota bergerak dalam berbagai bidang pembinaan seperti seni budaya, olahraga, pendidikan, kepustakaan atau literasi, sosial, dan niaga. 

Ragam kegiatan Ormas Oi

Kegiatan
Kegiatan Ormas Oi berdonasi untuk korban erupsi Semeru (Instagram/ormas_oi)

Tak hanya terpaku pada kegiatan yang sifatnya pemberdayaan, Ormas Oi juga bergerak dalam berbagai kegiatan sosial.

Berdasarkan informasi dari Instagram resmi @ormas_oi bahwa organisasi yang berawal dari penggemar Iwan Fals tersebut sering mengadakan acara seperti bakti sosial hingga donor darah.

Akun Instagram tersebut dipenuhi dengan dokumentasi berbagai acara bakti sosial dan penyaluran donasi ke berbagai korban bencana alam, seperti erupsi gunung Semeru pada 2021 silam.

Kontributor : Armand Ilham


https://www.suara.com/news/2022/07/25/183232/apa-itu-oi-ormas-fans-iwan-fals-pernah-dituduh-pengacara-brigadir-j-sebagai-organisasi-berbahaya

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/07/25/183232/apa-itu-oi-ormas-fans-iwan-fals-pernah-dituduh-pengacara-brigadir-j-sebagai-organisasi-berbahaya
Tokoh





Graph

Extracted

persons Basuki Tjahaja Purnama, Iwan Fals,
companies Facebook, Instagram, Twitter,
ministries Polisi,
nations Indonesia,
cities Depok, Gunung,
cases pembunuhan, teror,