PBNU Soroti Pria Berpakaian Perempuan di Citayam Fashion Week Jakarta

  • 25 Juli 2022 19:15:49
  • Views: 5

TIMESINDONESIA, JAKARTACitayam Fashion Week di Jakarta jadi sorotan. Salah satunya soal pria yang berpenampilan perempuan. Pengurusan Besar Nahdatul Ulama (PBNU) menilai hal itu tak sesuai dengan ajaran agama.

Dalam ajaran Islam berbusana diwajibkan menutup aurat, tidak membentuk lekuk tubuh, tidak transparan dan tidak menyerupai pakaian laki laki dan pakaian non muslim, kata Ketua PBNU Bidang Keagamaan KH Ahmad Fahrurrozi atau Gus Fahrur, kepada TIMES Indonesia, Senin (25/7/2022).

Kata dia, hal ini sejalan dengan ayat 59 surat al Ahzab yang artinya Hai Nabi katakanlah kepada istri istrimu, anak anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka, yang demikian itu supaya mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Ia juga menjelaskan, Islam melarang lelaki menyerupai perempuan atau sebaliknya. Dalam sebuah hadis disebutkan, “Allah melaknat perempuan yang mengenakan pakaian laki-laki dan laki-laki yang mengenakan pakaian perempuan.

Menurutnya, larangan tersebut tak hanya berkaitan dengan persoalan busana, melainkan juga cara berjalan dan berbicara.

Fashion show atau peragaan busana dan mengikuti tren mode tentu diperbolehkan dengan catatan peragaan tersebut dilakukan untuk dakwah Islam dan syiar busana (baju) Islami, hanya dihadiri oleh kaum wanita atau lelaki saja, tidak ada percampuran wanita berlenggak lenggok di depan pria meski ia memamerkan busana (baju) muslimah yang muhajabah, ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria juga menyatakan, pihaknya bakal menindak remaja pria yang menggunakan pakaian perempuan di kegiatan Citayam Fashion Week. Kita akan lakukan penjangkauan terhadap remaja pria yang menggunakan pakaian wanita di kawasan Dukuh Atas, ujarnya. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/420171/pbnu-soroti-pria-berpakaian-perempuan-di-citayam-fashion-week-jakarta

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/420171/pbnu-soroti-pria-berpakaian-perempuan-di-citayam-fashion-week-jakarta
Tokoh





Graph

Extracted

persons A Riza Patria, Fahrurrozi,
companies ADA, Google, Telegram,
organizations PBNU,
religions Islam,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Dukuh,