Pemprov DKI Diminta Cek Ulang Semua Fasilitas dan Bangunan di JIS

  • 25 Juli 2022 17:18:53
  • Views: 5

MerahPutih.com - Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI ikut mengomentari insiden robohnya pagar pembatas Tribun Utara Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, pada gelaran grand launching Minggu (24/7)

Ketua Fraksi PSI, Anggara Wicitra Sastroamidjojo meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk melakukan mengecek ulang semua fasilitas dan bangunan di JIS, memastikan bahwa stadion tersebut sudah layak dipergunakan.

Baca Juga

Insiden Ambruknya Pagar Pembatas Tribun Utara JIS Dinilai Memalukan

Di awal pembangunan saja gembar -gembor pembangunan JIS sampai menggandeng engineering dari Inggris yang turut merancang Olympic Stadium, Kandang Arsenal Emirates Stadium, dan Tottenham Hotspur Stadium di London. Alhasil, baru sekali digunakan sudah ada bagian yang roboh, kata Anggara di Jakarta, Senin (25/7).

Sosok yang akrab disapa Ara itu menilai, kejadian ambruknya pagar pembatas tribun utara JIS merupakan insiden yang memalukan bagi Pemprov DKI Jakarta.

Sejumlah
Sejumlah penonton berdiri di pagar pembatas yang roboh saat peresmian Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta, Minggu( 24/7/2022). Pagar pembatas penonton zona utara JIS roboh karena tidak dapat menahan beban orang yang duduk dan bersandar di pagar tersebut. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/pras.

Oleh karena itu, ia meminta Pemprov DKI untuk mengevaluasi Jakarta Propertindo (JakPro) dan kontraktor yang membangun JIS tersebut.

Baru saja diresmikan dan selesai dibangun bahkan pertama kali dipakai, masa sudah roboh, ini memalukan sekali, ujar Ara.

Selain itu, Ara menyampaikan jumlah penonton grand launching JIS kemarin masih di bawah kapasitas yang bisa ditampung oleh stadion tersebut.

Baca Juga

Anies Klaim Tuntaskan Janji pada The JakMania

Adapun, Jaklingko mengklaim mereka hanya menjual 64.000 tiket penonton, sedangkan kapasitas penonton di JIS bisa menampung hingga 82.000 penonton.

Ini betul-betul menjadi perhatian kami di DPRD DKI. Pasalnya, stadion ini akan digunakan secara intensif untuk beragam kegiatan, jangan sampai konstruksi JIS malah tidak support bahkan ada roboh-roboh lainnya yang menyusul, apalagi sampai menelan korban. Pemprov harus segera benahi hal ini, tegasnya.

Pagar
Pagar pembatas tribun utara JIS ambruk. Foto: Twitter

Ara juga mengkritisi respons Gubernur DKI, Anies Baswedan yang menyatakan pagar tribun roboh gara-gara euforia The Jakmania.

Pak Anies tidak elok menyalahkan euforia jakmania sebagai penyebab robohnya pagar tribun stadion. Keriuhan, kegembiraan di stadion hal yang wajar, dan memang itu perutukannya. Jangan seolah-olah Gubernur cuci tangan soal ini, ungkapnya.

Ia pun menduga, kasus ini sebetulnya akan sama dengan Taman Honda, Tebet Jakarta Selatan belum rampung 100 persen belum tapi sudah dilaunching.

Jangan sampai muncul dugaan hanya untuk mengejar masa farewell Gubernur, tutup Ara. (Asp)

Baca Juga

Penjelasan Anies hingga The Jakmania soal Pagar Pembatas Tribun Utara JIS Roboh


https://merahputih.com/post/read/pemprov-dki-diminta-cek-ulang-semua-fasilitas-dan-bangunan-di-jis

Sumber: https://merahputih.com/post/read/pemprov-dki-diminta-cek-ulang-semua-fasilitas-dan-bangunan-di-jis
Tokoh







Graph

Extracted

persons Anggara Wicitra Sastroamidjojo, Anies Baswedan, Muhammad,
companies ADA, Emirates, PT Jakpro, Twitter,
ministries DPRD, Fraksi PSI, Pemprov DKI Jakarta,
parties PSI,
nations Indonesia, Inggris,
places DKI Jakarta,
cities London, Tebet,
brands Honda,
sportclubs Arsenal, Tottenham Hotspur,