Legislator Minta Kemenkes Tingkatkan Waspada Cacar Monyet

  • 25 Juli 2022 16:42:41
  • Views: 2

KBRN, Jakarta: Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diminta meningkatkan kewaspadaan atas penyebaran penyakit cacar monyet (monkeypox). 

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris meminta Kemenkes melakukan itu, sekalipun kasus cacar monyet belum masuk ke Indonesia. 

Mengingat penyebaran (kasus cacar monyet, Red) sudah belasan negara, katanya kepada wartawan, Senin (25/7/2022).

Terkait itu, politisi PDI Perjuangan ini mengharapkan, Kemenkes melakukan komunikasi secara intensif dengan otoritas kesehatan negara-negara lain.

Bahkan, lanjutnya, bila perlu dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengetahui perkembangan penularan penyakit cacar monyet tersebut. 

Komunikasi publik pemerintah terkait dengan penyakit cacar monyet juga harus dilakukan secara hati-hati, dan akurat agar tidak menimbulkan kepanikan di publik, ujarnya.

WHO telah memutuskan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan cacar monyet menyebar di lebih 70 negara. 

Menurutnya ini adalah situasi luar biasa yang sekarang memenuhi syarat sebagai keadaan darurat global.


https://rri.co.id/nasional/politik/1552032/legislator-minta-kemenkes-tingkatkan-waspada-cacar-monyet?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/nasional/politik/1552032/legislator-minta-kemenkes-tingkatkan-waspada-cacar-monyet?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh





Graph

Extracted

persons Charles Honoris, Tedros Adhanom Ghebreyesus,
ministries DPR RI, Kemenkes, Komisi IX DPR RI,
ngos WHO,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
animals Monyet,