BMKG: Waspadai Gelombang Laut Sangat Tinggi hingga 6 Meter di Jabar, Jateng,dan DIY

  • 25 Juli 2022 14:37:14
  • Views: 1

PIKIRAN RAKYAT - Tersedia informasi gelombang laut yang berpotensi mencapai tinggi 6 meter untuk wilayah pesisir Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Informasi gelombang laut dengan tinggi 6 meter, diungkap oleh Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo.

Menurut BMKG Cilacap, gelombang laut dengan tinggi 6 meter akan datang karena pengaruh pola angin di Indonesia bagian selatan.

Baca Juga: KPK Jemput Paksa Mardani Maming, Dua Kali Mangkir Panggilan Penyidik

Potensi terjadinya gelombang sangat tinggi yang berkisar 4-6 meter itu dipengaruhi oleh pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot, kata Teguh Wardoyo dalam pernyataan terbarunya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara News.

Lebih lanjut, Teguh juga menyoroti kecepatan angin yang bermunculan di berbagai perairan wilayah Indonesia, seperti Pulau Simeulue, Kepulauan Mentawai, Jawa selatan, Selat Makassar, Laut Banda, dan Laut Arafuru.

Dengan pola angin yang memiliki kecepatan tinggi, gelombang laut pun ikut mengalami peningkatan yang serupa.

Baca Juga: Lama Menghilang, Mimi Peri Mendadak Curhat di Instagram, Dapat Gangguan Mistis?

Selain itu, saat sekarang juga sedang berlangsung musim angin timuran, katanya.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015099079/bmkg-waspadai-gelombang-laut-sangat-tinggi-hingga-6-meter-di-jabar-jatengdan-diy

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015099079/bmkg-waspadai-gelombang-laut-sangat-tinggi-hingga-6-meter-di-jabar-jatengdan-diy
Tokoh

Graph

Extracted

companies Instagram,
ministries BMKG, KPK,
nations Indonesia,
places Aceh, DI YOGYAKARTA, JAWA BARAT, JAWA TENGAH, SULAWESI SELATAN, SUMATERA BARAT,
cities Cilacap, Yogyakarta,