Lulusan Seni Musik Bisa Kerja di Mana Saja? Cek Selengkapnya

  • 25 Juli 2022 14:05:25
  • Views: 2

Diantara berbagai jurusan populer lainnya, bisa dikatakan jika jurusan seni musik kerap dipandang sebelah mata. Tidak sedikit masyarakat yang cukup skeptis dengan masa depan seseorang yang berasal dari jurusan ini.

Salah satu alasannya adalah kompetensi lulusan jurusan seni musik dianggap kurang memenuhi kriteria yang diperlukan oleh dunia profesional.

Apakah memang benar demikian?

Tentu saja tidak. Perlu diketahui bahwa jurusan seni musik juga mempelajari berbagai ilmu yang relevan dengan industri saat ini. Misalnya saja, seorang mahasiswa seni musik akan belajar tentang manajemen artis, pengelolaan aset, pengetahuan tentang dunia hiburan dan lainnya. Serta, mereka juga diajarkan untuk memproduksi musik pendek untuk iklan ataupun aplikasi.

Berbekal beragam keahlian tersebut, prospek lulusan jurusan seni musik sebenarnya cukup luas dan beragam. Nah, penasaran apa saja prospek menarik untuk mahasiswa yang lulus dari jurusan seni musik? Namun, sebelumnya cek selanjutnya di sini CV untuk guru musik jika Anda berminat untuk mengajar di kelas musik. Kembali lagi ke prospek kerja seni musik, ini dia ulasan selengkapnya!

Beragam Prospek Lulusan Seni Musik

Seperti yang disinggung di awal, meskipun kerap dipandang sebelah mata, lulusan jurusan seni musik sebenarnya memiliki prospek pekerjaan yang cukup luas. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Manajemen industri musik

Prospek jurusan seni musik yang pertama adalah bekerja di bagian manajemen industrivmusik. Opsi pekerjaan ini sangat cocok terutama untuk Anda yang ingin bekerja di balik layar.

Tugas utama yang dilakukan untuk pekerjaan ini adalah mengelola sebuah pertunjukan musik yang hendak diadakan, melakukan distribusi musik dan lainnya. Perlu diketahui, pekerjaan ini memberikan peluang penghasilan yang cukup besar. Untuk kalangan profesional, penghasilan yang didapatkan bisa mencapai $45,000 per tahun.

2. Musisi

Bisa dikatakan bahwa prospek lulusan seni musik yang ‘paling terlihat’ adalah menjadi seorang musisi. Memang, banyak musisi, terutama di Indonesia, yang muncul tanpa memiliki track record sebagai mahasiswa seni musik. Namun, lulusan seni musik tentu memiliki keunggulan karena mereka memiliki bekal teori dalam bermusik.

Ada banyak posisi yang tersedia untuk menjadi seorang musisi, seperti menjadi penyanyi, pemain alat musik, penulis lagu dan lainnya. Prospek pekerjaan ini sebenarnya cukup menjanjikan. Selain penghasilan yang didapatkan dari setiap pementasan, seorang musisi juga bisa mendapatkan penghasilan dari royalti karya, kontrak kerja sama dan lainnya.

3. Audio atau sound engineer

Peluang kerja lain untuk seorang lulusan seni musik adalah menjadi audio atau sound engineer. Seorang sound engineer umumnya akan bekerja di sebuah studio rekaman.

Dalam hal ini, tugas utama yang akan dilakukan adalah melakukan manipulasi suara untuk menghasilkan sebuah produk musik yang berkualitas. Seiring dengan banyaknya label rekaman yang ada di Indonesia serta tren musik digital yang berkembang pesat saat ini, sound engineer termasuk salah satu profesi yang paling
banyak dibutuhkan. Tentu saja, besaran penghasilan yang didapatkan dari profesi ini cukup menarik.

4. Administrasi seni

Seorang lulusan seni musik juga bisa bekerja sebagai administrasi seni. Bisa dikatakan bahwa apa yang dikerjakan oleh seorang administrasi seni mirip dengan pekerjaan administrasi pada umumnya. Hanya saja, pekerjaan ini cenderung fokus pada dunia seni saja.

Beberapa hal yang menjadi tugas seorang administrasi seni diantaranya adalah melakukan kerja sama dengan panitia pertunjukan, mengatur jalannya suatu event, melakukan penggalangan dana dan lainnya.

5. Komposer

Tidak hanya menjadi seorang musisi saja, seorang lulusan seni musik juga bisa menjadi composer. Dalam pengertian singkat, composer merupakan seorang yang menulis dan membuat musik untuk beragam keperluan yang berbeda.

Dalam hal ini, musik yang dibuat bisa digunakan untuk menjadi scoring sebuah film tertentu, jingle untuk iklan dari suatu produk, dan lainnya. Tentu, jika Anda memiliki skill yang mumpuni untuk membuat sebuah karya musik, maka bukan tidak mungkin Anda bisa bergabung dengan produsen film terkenal!

6. Guru seni musik

Jika Anda memiliki passion mengajar, maka menjadi guru seni musik juga menjadi salah
satu prospek yang cukup menarik. Dengan menjadi seorang guru seni musik, Anda bisa mengajarkan beragam teori seni musik yang sudah dikuasai serta teknik bermusik yang dimiliki.

Tidak hanya itu, Anda pun bisa melakukan beragam inovasi tentang cara mengajar seni musik. Dengan demikian, Anda akan dikenal sebagai seorang guru seni musik yang kreatif dan inovatif sehingga peluang masuk ke lembaga pendidikan berkelas pun semakin besar.

Selain beragam profesi di atas, masih banyak prospek lulusan seni musik yang cukup menarik, seperti representatif A&R, agen, manajer artis, dan lainnya termasuk app developer.

Hal ini menunjukkan bahwa prospek lulusan seni musik terbuka sangat luas. Hanya saja, perlu dipahami bahwa persaingan antar lulusan seni musik semakin lama akan bertambah ketat. Oleh karenanya, Anda perlu menguasai beragam skill dalam seni musik untuk menjadi seorang lulusan yang memiliki kompetensi tinggi.

Semoga bermanfaat.

 

 


https://www.krjogja.com/uncategorized/lulusan-seni-musik-bisa-kerja-di-mana-saja-cek-selengkapnya/

Sumber: https://www.krjogja.com/uncategorized/lulusan-seni-musik-bisa-kerja-di-mana-saja-cek-selengkapnya/
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Dana,
topics kontrak kerja,
nations Indonesia,