Software Aplikasi Payroll Talenta by mekari: Pengertian, Manfaat, Fungsi, dan Metode Penghitungan

  • 25 Juli 2022 12:36:30
  • Views: 5


PIKIRAN RAKYAT
- Seiring dengan berkembangnya bisnis yang ditandai dengan menjamurnya berbagai macam perusahaan, seperti perusahaan
Start Up maupun Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dan jumlah karyawan yang juga terus meningkat. Lahirlah sebuah aplikasi yang memudahkan untuk menghitung dan menggaji setiap karyawan, namanya yaitu software atau aplikasi payroll.

Kehidupan setiap karyawan tergantung dari berapa banyak Allah memberi rezeki kepada mereka, salah satunya ya melalui wasilah dari pemberian gaji secara rutin. Jadi, penting sekali bagi beberapa perusahaan untuk memastikan bahwa setiap karyawannya menerima gaji dengan tepat waktu dan sesuai.

Namun, beberapa masalah yang sering terjadi adalah proses penghitungan gaji memakan waktu yang lumayan lama, salah menghitung gaji, karyawan menerima gaji tidak tepat waktu alias terlambat, ada karyawan yang sudah resign, tetapi masih menerima gaji, karyawan komplain mengenai jumlah gaji, dan lain sebagainya.

Akhirnya sekarang para pemilik usaha mulai menyadari bahwa menghitung gaji setiap karyawan dengan spreadsheet tidaklah cukup, melainkan mereka harus menggunakan aplikasi atau software payroll. Payroll sendiri diambil dari Bahasa Inggris yang artinya daftar gaji atau gaji yang merujuk pada setiap karyawan untuk mendapatkan kompensasi dari perusahaan di mana mereka bekerja.

Baca Juga: Baim Wong Buka Suara Soal Citayam Fashion Week Didaftarkan ke HAKI: Berawal Semua ini karena Istri Saya

Akan tetapi, kebanyakan perusahaan pada umumnya menggunakan istilah tersebut untuk merujuk pada uang yang dibayarkan kepada setiap karyawan atau berbagai macam catatan yang menjelaskan berapa banyak uang yang diinginkan oleh setiap karyawan.

Ditambah lagi gaji bisa mempengaruhi setiap aspek organisasi, mulai dari reputasi perusahaan sampai moral setiap karyawannya. Selain itu, salah satu motivasi karyawan untuk bekerja dalam perusahaan juga adalah gaji. Apabila para karyawan merasa gajinya kurang, mereka akan cenderung bekerja kurang maksimal bahkan berhenti dari pekerjaannya tersebut.

Dari sisi akuntansi dan ekonomi sendiri definisi payroll adalah suatu metode penggajian yang dirancang khusus oleh suatu perusahaan supaya proses penggajian para tenaga kerja menjadi lebih mudah, cepat, akurat, efektif, dan efisien. Selain itu, payroll juga bisa mengacu ke perusahaan, departemen, sistem atau software (perangkat lunak) yang dipakai untuk memproses penghitungan gaji termasuk pajak dan BPJS.

Penghitungan tersebut berdasarkan banyaknya jumlah jam kerja atau jumlah hari dalam satu pekan yang ditambah dengan jumlah keseluruhan jam kerja seorang karyawan dalam satu bulan, tunjangan gaji lembur, THR (tunjangan hari raya), dan deduksi berdasarkan UU Ketenagakerjaan Pasal 156. Sistem penggajian bisa diproses oleh setiap perusahaan secara berkala, mulai dari harian, mingguan, bulanan, atau dua bulanan.

Proses penggajian merupakan fungsi yang penting sekali dari bisnis atau usaha apapun serta membutuhkan pemahaman tentang hukum terbaru, pengetahuan pajak secara mendetail untuk menentukan pemotongan dan pengarsipan yang tepat, dan metode yang sangat terorganisir dan bisa diandalkan untuk membayar jumlah uang kepada setiap karyawan. Akan tetapi, setiap perusahaan mungkin memiliki struktur penggajian sendiri yang terdiri dari berbagai macam komponen penggajian yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain.


https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-015097541/software-aplikasi-payroll-talenta-by-mekari-pengertian-manfaat-fungsi-dan-metode-penghitungan

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-015097541/software-aplikasi-payroll-talenta-by-mekari-pengertian-manfaat-fungsi-dan-metode-penghitungan
Tokoh



Graph

Extracted

persons Baim Wong,
companies ADA, Mekari,
ministries BPJS,
topics THR,
nations Inggris,