[HOAKS atau FAKTA]: Kopi Dicampur Air Lemon Kecilkan Perut

  • 25 Juli 2022 05:18:31
  • Views: 2

Merahputih.com - Beredar postingan melalui media sosial Facebook tentang kopi dicampur perasan air lemon yang bisa mengecilkan perut. Postingan tersebut diunggah pada bulan Januari 2022 dan sudah disukai oleh 29 orang.

NARASI:

Kopi + lemon tanpa gula…rasanya seperti puyer 38…..kata pak dokter ini bisa mengecilkan perut. semoga ajj yah

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Vaksin COVID-19 Dapat Meningkatkan Risiko HIV

SUMBER: Facebookhttps://archive.cob.web.id/archive/1658486259.479373/index.html

FAKTA

Setelah ditelusuri ternyata klaim tersebut sudah tersebar sejak tahun 2021. Turnbackhoax.id juga pernah membahas klaim tersebut dengan judul “[SALAH] Kopi Lemon Bermanfaat untuk Diet pada 23 Oktober 2021.

Artikel klarifikasi tersebut menjelaskan bahwa menurut ahli nutrisi dan fisiologi Mayur Ranchordas dari Sheffield Hallam University mengatakan kopi dan lemon tidak berhubungan dengan penurunan berat badan.

Dikutip dari hellosehat.com, kopi dan lemon juga mengandung pH asam, bahkan ketika kedua bahan tersebut dicampur, maka pH yang dihasilkan akan tetap asam.

Sehingga campuran kedua bahan tersebut dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung, karena kopi yang dicampur dengan lemon bisa menyebabkan penyakit asam lambung semakin parah.

Menurut Pierre Dechelotte, presiden Society for Clinical and Metabolic Nutrition (SFNCM) mencampur dua bahan itu dalam minuman bisa menyebabkan gangguan pencernaan, serta secara signifikan mencegah rasa lapar sehingga berpotensi membahayakan.

Konsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan insomnia dan bahkan masalah jantung. Lemon mengandung banyak vitamin C dan merupakan antioksidan, tetapi juga tidak pernah menyebabkan penurunan berat badan, jelas Dechelotte.

FAKTA

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim mengenai kopi dan perasan air lemon dapat mengecilkan perut adalah salah dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Presiden Ukraina Menyerah Pada Rusia


https://merahputih.com/post/read/hoaks-atau-fakta-kopi-dicampur-air-lemon-kecilkan-perut

Sumber: https://merahputih.com/post/read/hoaks-atau-fakta-kopi-dicampur-air-lemon-kecilkan-perut
Tokoh

Graph

Extracted

companies Facebook,
topics Vaksin Corona,
products vaksin, vitamin, vitamin C,
nations Rusia, Ukraina,
cases covid-19,
brands Tentang Kopi,