Warga Diminta Kurangi Gandum dan Tepung Terigu Diganti Singkong

  • 24 Juli 2022 23:18:29
  • Views: 5

MerahPutih.com - Pemerintah Kota Bandung terus mempromosikan produk makanan atau camilan berbahan lokal sebagai upaya alternatif untuk mencegah ketergantungan terhadap pangan berbahan dasar gandum atau bahan impor.

Kabid Distribusi Perdagangan dan Pengawasan Kemetrologian Disdagin Kota Bandung Meiwan Kartiwa mengatakan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) terus mempromosikan sejumlah UMKM yang memproduksi makanan ringan untuk mempresentasikan produknya ke hadapan pengelola toko swalayan.

Baca Juga:

Rusia dan Ukraina Mulai Bicarakan Pembukaan Ekspor Gandum

Sejumlah produk lokal itu yakni camilan ringan, mulai dari camilan berbahan dasar singkong atau Modified Cassava Flour (Mocaf), camilan berbahan kedelai yakni keripik tempe, hingga kue-kue lainnya yang berbahan dasar sagu.

Ia menilai masyarakat belum bisa secara langsung mengurangi drastis makanan yang berbahan dasar tepung terigu atau biji gandum. Meski demikian, jika memungkinkan, masyarakat bisa mengurangi konsumsi makanan berbahan dasar terigu untuk mengantisipasi kenaikan harga.

Tapi kalau sampai berhenti (konsumsi terigu) kan nggak mungkin juga, kasihan juga pedagangnya, kemungkinan besar ya penjualnya yang menyesuaikan ukurannya, kan bisa saja seperti itu, katanya.

Dari Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Dalam Negeri, per 1 Juli 2022 harga komoditas tepung terigu meningkat sebesar 13,46 persen. Pada awal tahun 2022, secara nasional harga tepung terigu tercatat hanya dari Rp10.400 per kilogram, kini menjadi Rp 12.000 per kilogram. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Presiden Rusia, Jerman dan Perancis Bahas Krisis Gandum dan Pupuk Dunia


https://merahputih.com/post/read/warga-diminta-kurangi-gandum-dan-tepung-terigu-diganti-singkong

Sumber: https://merahputih.com/post/read/warga-diminta-kurangi-gandum-dan-tepung-terigu-diganti-singkong
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Kemendagri,
topics ekspor,
products UMKM,
nations Jerman, Perancis, Rusia, Ukraina,
places JAWA BARAT,
cities bandung,