BNSP Lakukan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja di Gedung DPR RI

  • 24 Juli 2022 20:49:14
  • Views: 3

Sebelumnya, siapa pun bisa menjadi miliarder. Seperti cerita seorang pria asal Korea Selatan ini, yang berhasil membangun bisnis startup travel.

Ketika sebagian besar negara di dunia mulai beraktivitas normal dari pandemi Covid-19, superapp perjalanan dari Korea Selatan bernama Yanolja membukukan pertumbuhan penjualan kuartal pertama yang kuat. 

Pertumbuhan itu diungkapkan dalam laporan kuartalan pertama Yanolja saat bersiap untuk go public.

Laporan yang dirilis pekan lalu ini juga mengungkapkan bahwa saham pendiri Yanolja, yakni Lee Su-jin menjadikannya sebagai miliarder.

Namun siapa sangka, pengusaha berusia 44 tahun itu memiliki perjalanan yang unik - awalnya merupakan seorang petugas kebersihan.

Dilansir dari Forbes, Rabu 8 Juni 2022, aplikasi travel Yanolja—yang artinya 'Hei, ayo bermain' dalam bahasa Korea, didirikan pada tahun 2005 telah berkembang dari hotel jangka pendek hingga transportasi. 

Yanolja melaporkan pendapatan kuartal pertamanya naik 19 persen dari tahun ke tahun menjadi 100,5 miliar won (USD 80 juta), sementara laba bersih sedikit menurun menjadi 8,8 miliar won dari 9 miliar won selama periode yang sama.

Yanolja menghasilkan sebagian besar keuntungannya dengan memotong dari pemesanan dan membebankan hotel serta perusahaan perjalanan untuk beriklan di platformnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Yanolja telah mengembangkan bisnis berbasis cloud, seperti sistem manajemen yang membantu hotel mengelola reservasi dan analitik data besar yang memprediksi perilaku pelanggan.

Pendapatan dari bisnis cloud-nya pun berkontribusi 20,5 persen terhadap total penjualan Yanolja di kuartal pertama, naik dari sekitar 8,5 persen di tahun 2021.

Sang pendiri, yakni Lee Su-jin adalah nama terbaru yang bergabung dengan daftar miliarder self-made di Korea Selatan, di mana konglomerat milik keluarga secara tradisional mendominasi ekonomi negara tersebut.

Kisah sukses Lee Su-Jin pun menjadi inspirasi karena mengawali perjalanannya dari bawah. 


https://www.liputan6.com/news/read/5022485/bnsp-lakukan-sertifikasi-kompetensi-tenaga-kerja-di-gedung-dpr-ri

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5022485/bnsp-lakukan-sertifikasi-kompetensi-tenaga-kerja-di-gedung-dpr-ri
Tokoh

Graph

Extracted

companies WhatsApp,
ministries BNSP, DPR RI,
fasums Gedung DPR,
products startup, won,
nations Korea Selatan,
cases covid-19,