Kimia Farma dan Dompet Dhuafa Luncurkan Program Bidan Inspiratif Untuk Negeri 2022

  • 24 Juli 2022 11:02:34
  • Views: 5

RM.id  Rakyat Merdeka - Bersamaan dengan peringatan Hari Anak Nasional dengan tema Hari Anak Nasional tahun ini adalah ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju' sejalan dengan upaya mendukung kesehatan anak, yang jatuh setiap tanggal 23 Juli, Kick Off dan Webinar Bidan Inspiratif Untuk Negeri 2022 yang berlokasi di Kimia Farma Corporate University.

Pada Kick Off dan Webinar Bidan Inspiratif Untuk Negeri turut mengundang Rahmad Riyadi selaku Ketua Dewan Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa; Martin Suanta selaku Direktur Bina Kualitas Pelayanan KB BKKBN; dr. Imran Agus Nurali selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes serta Nunik Endang Sunarsih, selaku Ketua 1 Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia.

Dalam mendukung upaya pemerintah untuk percepatan penurunan angka stunting, PT Kimia Farma Tbk berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa menginisiasi program bertajuk Bidan Inspiratif Untuk Negeri (BIUN).

Program ini berfokus dalam upaya penurunan stunting melalui intervensi berbasis inovasi program dan pemberdayaan bidan di wilayah stunting.

Hal ini menjadi benang merah sinergi program yang diharapkan dapat memperkuat output pada jangka menengah dan outcome pada jangka panjang. Program Bidan Inspiratif Untuk Negeri ini merupakan perwujudan dari kepedulian Kimia Farma terhadap dunia kesehatan di Indonesia.

Berita Terkait : Bidan Inspiratif Untuk Negeri, Program Cegah Stunting

Untuk mendorong terbentuknya bidan bidan yang berkualitas dapat menjadi langkah strategis untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu, bayi dan balita di Indonesia ujar Dharma Syahputra selaku Direktur Sumber Daya Manusia Kimia Farma dalam keterangannya, Sabtu (23/7).

Bentuk dukungan Kimia Farma berupa implementasi proposal project inovasi pada bidan yang terpilih. Yang nantinya akan diikutsertakan pada pelatihan pembekalan selama satu bulan.

Selain itu pembiayaan proposal project inovasi, monitoring selama project berlangsung dan memiliki kesempatan untuk menjadi pemenang penghargaan The Most Inspiring Midwife dari Kimia Farma pada akhir project.

 

Rahmad Riyadi selaku Ketua Dewan Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa dalam sambutannya menyampaikan bahwa program Bidan Inspiratif Untuk Negeri merupakan bentuk kolaborasi antara Dompet Dhuafa dengan Kimia Farma dengan menggabungkan program Bidan Untuk Negeri inisiasi Dompet Dhuafa dengan Bidan Inspiratif inisiasi Kimia Farma.

“Kedua program tersebut memiliki fokus yang sama terhadap upaya penurunan angka stunting di Indonesia. ujarnya.

Berita Terkait : Gandeng Kimia Farma Dan Dompet Dhuafa, BKKBN Cegah Stunting Lewat Pendampingan Keluarga

Tak hanya berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, Kimia Farma juga berkolaborasi dengan instansi lain dalam Program Bidan Inspirasi Untuk Negeri 2022, diantaranya adalah Kementerian Kesehatan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dan FIADIFA.

“Salah satu kolaborator dalam program Bidan Inspiratif Untuk Negeri 2022 adalah FIADIFA yang merupakan Forum Istri Anggota Holding Farmasi yang bergerak di bidang sosial, ujar Dharma Syahputra.

Sementara itu, Bidan Beriana selaku Bidan Inspiratif 2021 menyampaikan salah satu motivasinya untuk mengikuti Program Bidan Inspiratif 2021 yaitu tingkat Kekurangan Energi Kronis (KEK) masih tinggi di wilayah Tangerang.

Hal ini mempengaruhi 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) pada bayi yang salah satu dampaknya adalah stunting. ujar Beriana.

Menurutnya banyak tantangan yang saya hadapi saat mengerjakan Program Bidan Untuk Negeri 2021 di wilayah kerja saya di Desa Letokonda, Sumba Barat Daya. Kondisinya sangat memprihatinkan, masih banyak masyarakat yang kekurangan air bersih, dan tidak menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat).

Berita Terkait : Danone Menangkan 6 Penghargaan di Indonesia PR of The Year 2022

Dengan adanya program Bidan Untuk Negeri 2021 masyarakat di Desa Letokonda lebih sadar dengan PHBS ujar Bidan Citra selaku bidan dalam Program Bidan Untuk Negeri 2021.

Adapun program BIUN akan digelar di 13 provinsi se-Indonesia merupakan wilayah kerja Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa yang dipilih berdasarkan rekomendasi Dinas Kesehatan, B KKBN, IBI dan stakeholder setempat.

Semoga program Bidan Inspiratif Untuk Negeri tidak hanya dilakukan pada saat ini saja namun dapat terus dilakukan secara berkelanjutan, untuk mendukung Pemerintah dalam pengentasan stunting dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. ujar Dharma Syahputra. ■


https://rm.id/baca-berita/nasional/133698/kimia-farma-dan-dompet-dhuafa-luncurkan-program-bidan-inspiratif-untuk-negeri-2022
 

Sumber: https://rm.id/baca-berita/nasional/133698/kimia-farma-dan-dompet-dhuafa-luncurkan-program-bidan-inspiratif-untuk-negeri-2022
Tokoh

Graph

Extracted

companies Danone Indonesia, Dompet Dhuafa,
ministries BKKBN, Dinkes, Kemenkes,
bumns PT Kimia Farma,
topics KEK,
nations Indonesia,
places BANTEN, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Sumba, Tangerang,
cases stunting,