Kembali Raih Penghargaan Provinsi Layak Anak, Gubernur Khofifah: Alhamdulillah Banyak Daerah yang Naik Kelas

  • 23 Juli 2022 18:09:16
  • Views: 7


Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jatim Restu Novi Widiani mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu pagi (23/7).

Predikat Provila sekaligus penghargaan ini diberikan KPPPA, lantaran Khofifah dinilai berhasil mendorong semua kabupaten/kota di Jatim atau 100 persen telah masuk dalam pemeringkatan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Bahkan, banyak daerah yang naik kelas pemeringkatannya.


Secara rinci, peraih KLA di Jatim meliputi 2 kota menduduki peringkat utama, 12 kabupaten/kota menduduki peringkat nindya, 17 kabupaten/kota menduduki peringkat madya, dan 7 kabupaten/kota menduduki peringkat pratama.

Sebagai informasi, kabupaten/kota yang masuk dalam pemeringkatan, untuk peringkat utama yaitu Kota Surabaya dan Kota Probolinggo

Peringkat nindya yaitu Kota Batu, Kabupaten Trenggalek, Situbondo, Gresik, Jember, Kota Madiun, Kota Malang, Jombang, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Sidoarjo, Lamongan.

Untuk peringkat madya antara lain Kota Kediri, Kabupaten Sumenep, Kota Pasuruan, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kabupaten Bojonegoro, Pamekasan, Magetan, Banyuwangi, Lumajang, Pasuruan, Tuban, Kota Blitar, Kabupaten Malang, Madiun, Bondowoso, dan Ponorogo.

Sementara peringkat pratama antara lain Kabupaten Nganjuk, Bangkalan, Kab. Probolinggo, Sampang, Kab. Kediri, Ngawi, dan Pacitan.

Khofifah mengatakan, prestasi tersebut merupakan keberhasilan dari upaya dan kerja keras seluruh pemerintah daerah dan  ormas serta aktivis perlindungan anak  di Jawa Timur.
Tentunya, juga kolaborasi rembug nyekrup dengan stakeholder lintas sektor sebagai upaya pemenuhan dan perlindungan hak anak.

“Alhamdulillah, 38 kabupaten/kota di Jawa Timur seluruhnya telah masuk dalam pemeringkatan KLA. Bahkan sebagian daerah berhasil meningkatkan peringkat KLA. Ini merupakan prestasi yang tidak mudah, karena banyak sekali indikator yang harus dipenuhi untuk mendapat predikat layak anak, ujar Khofifah.

Dia sangat mengapresiasi kabupaten/kota yang mengalami peningkatan peringkat kabupaten/layak anak. Harapannya, semua daerah bisa mendapatkan peringkat utama bahkan menjadi kabupaten/kota layak anak.

“Perbandingannya adalah dari sisi peringkat. Paling rendah pratama, selanjutnya madya, kemudian nindya baru utama. Dari peringkat terlihat progresnya. Sebagai contoh, sebelumnya peringkat utama baru 1 daerah yaitu Kota Surabaya pada tahun 2021. Tahun ini meningkat menjadi 2 daerah yaitu Kota Surabaya dan Kota Probolinggo, jelasnya.

Sebagaimana diketahui, indikator yang harus dipenuhi dalam KLA terdapat lima klaster utama. Antara lain hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan anak, kesehatan dasar dan kesejahteraan anak, pendidikan serta pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya juga perlindungan khusus, dengan didukung penguatan kelembagaan.

Semua tidak bisa berjalan sendiri, pretasi ini adalah hasil kerjasama dan koordinasi serta kolaborasi  lintas sektor, kata Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut.

Oleh karena itu, Khofifah mengajak seluruh kepala daerah di Jawa Timur untuk betul-betul mengimplementasikan kebijakan melibatkan anak dalam pembangunan dan menjadikan anak sebagai subyek.

Pastikan predikat kabupaten/kota layak anak ini benar-benar terimplementasi dengan baik di lapangan, demikian Khofifah dikutip Kantor Berita RMOLJatim.


https://nusantara.rmol.id/read/2022/07/23/541181/kembali-raih-penghargaan-provinsi-layak-anak-gubernur-khofifah-alhamdulillah-banyak-daerah-yang-naik-kelas

Sumber: https://nusantara.rmol.id/read/2022/07/23/541181/kembali-raih-penghargaan-provinsi-layak-anak-gubernur-khofifah-alhamdulillah-banyak-daerah-yang-naik-kelas
Tokoh





Graph