Panen Anggur di Cilincing, Anies: Contoh Nyata Kolaborasi

  • 23 Juli 2022 02:48:46
  • Views: 7

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke lahan budidaya anggur di SPBU Tenan, Jalan Cakung Cilincing Raya, Jakarta Utara. Anies bersama sang istri Ferry Farhati juga memanen anggur bersama.

Anies kagum dan tak menyangka sebab anggur biasanya dibudidayakan di daerah yang sejuk, teduh dan berada pada ketinggian tertentu. Hal tersebut bertolak belakang dengan lahan budidaya anggur di Cilincing, daerah panas berdebu.

Anies menjelaskan bahwa kebun anggur tersebut merupakan wujud inisiatif luar biasa dari warga yang didukung kolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta dan pihak Swasta. Pada lahan seluas lebih kurang 800 meter persegi itu tumbuh dan siap panen sebanyak 70 varietas anggur.

“Apa yang kita saksikan di sini adalah contoh nyata kolaborasi, bagaimana Pemerintah memainkan peran sebagai kolaborator dan warga sebagai co-creator. Ini inisiatif awalnya dari warga bernama Pak Sutarto yang biasa menjaga di tempat ini, memutuskan mengubah belukar menjadi kawasan bercocok tanam, kata Anies, Jumat (22/7/2022).

Anies mengucapkan terima kasih pada seorang warga bernama Sutarto yang menurutnya berjasa mengubah lahan kosong yang dijauhi menjadi kawasan bercocok tanam dengan nama Vezo Grapes Farm.

“Pak Tarto, kami ucapkan terima kasih dan apresiasi telah berhasil mengubah tempat yang awalnya dijauhi, sekarang malah didatangi. Dan mudah-mudahan jadi contoh, ketika seorang pribadi melihat potensi, dia bergerak dan mengembangkannya, jelas Anies.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

Wagub DKI, Ahmad Riza Patria akan mengkaji putusan PTUN yang mengabulkan gugatan API terkait UMP Jakarta 2022. Sementara itu, KSPI mendesak Anies untuk tidak menjalankan putusan PTUN dan tetap memberlakukan kenaikan UMP 5,1 persen.


https://www.liputan6.com/news/read/5021506/panen-anggur-di-cilincing-anies-contoh-nyata-kolaborasi

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5021506/panen-anggur-di-cilincing-anies-contoh-nyata-kolaborasi
Tokoh





Graph

Extracted

persons A Riza Patria, Anies Baswedan,
ministries Pemprov DKI Jakarta, PTUN,
organizations API, KSPI,
ngos SEJUK,
fasums SPBU,
products masker,
places DKI Jakarta,
cities Cakung, Cilincing,
cases physical distancing,