KPP Sita Aset Perusahaan di Poso yang Belum Lunasi Utang Pajak Rp 1,2 Triliun

  • 22 Juli 2022 20:59:24
  • Views: 3

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perpajakan (DJP) terus berusaha semaksimal mungkin mengumpulkan penerimaan dari semua subjek pajak sesuai peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku.

“Hal ini untuk merespon adanya pertanyaan dari masyarakat terkait bagaimana Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menggali potensi penerimaan pajak, kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Neilmaldrin Noor, alam keterangannya, Jumat (22/7/2022).

Dia menjelaskan, selama ini pemerintah dalam hal ini DJP terus memperbaiki sistem administrasi serta kepastian regulasinya untuk memperluas basis data perpajakan.

Pemerintah telah memiliki kewenangan untuk meminta data keuangan berupa laporan keuangan, bukti, maupun keterangan dari lembaga jasa keuangan, seperti perbankan, pasar modal, perasuransian, atau jasa keuangan lainnya berdasarkan UU Nomor 9 Tahun 2017 tentang penetapan Perppu 1 Tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan menjadi Undang-Undang, yang data tersebut secara rutin diterima oleh DJP setiap bulan April.

Ada 69 Instansi, Lembaga, Asosiasi, dan Pihak Lainnya juga mengirim data terkait perpajakan secara berkala kepada DJP yang diterima setiap bulan, setiap semester atau setiap tahun tergantung dari jenis datanya.

Berdasarkan data yang bersumber sebagaimana disampaikan di atas, DJP melakukan tugas dan fungsinya yaitu melakukan pengujian baik formal maupun material terhadap kepatuhan Wajib Pajak, dan juga melakukan pengawasan termasuk pengawasan berbasis kewilayahan.

“Kegiatan pengujian kepatuhan dan pengawasan dilaksanakan terkait dengan pemungutan pajak di Indonesia yang didasarkan pada Self-Assessment System, di mana Wajib Pajak menghitung, memperhitungkan, membayar dan melaporkan sendiri kewajiban perpajakannya, ujarnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5021329/kpp-sita-aset-perusahaan-di-poso-yang-belum-lunasi-utang-pajak-rp-12-triliun

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5021329/kpp-sita-aset-perusahaan-di-poso-yang-belum-lunasi-utang-pajak-rp-12-triliun
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Google,
ministries Direktorat Jenderal Pajak (DJP),
products NPWP,
nations Indonesia,
places SULAWESI TENGAH,
cities Poso,
musicclubs APRIL,