Wabah PMK Bisa Diatasi, Peternak Tak Perlu Panik

  • 22 Juli 2022 18:58:43
  • Views: 5

Banyak pakar Kesehatan hewan juga berpendapat bahwa pada banyak kasus, hewan ternak yang tertular dapat sembuh dengan sendirinya. 

Untuk mendukung peternak dalam menghadapi krisis ini, pemerintah telah menganjurkan sejumlah tindakan antisipatif. Jika hewan ternak telah tertular, maka peternak harus segera memisahkan ternak yang sakit. 

Setelah itu, peternak wajib membersihkan kandang dan seluruh peralatan yang dipakai dengan disinfektan.

Peternak juga harus segera membatasi pergerakannya di area kandang karena ditakutkan dapat menjadi medium penularan virus.

Langkah selanjutnya, para peternak harus menggenjot asupan makanan dengan pakan bergizi tinggi dan mengandung vitamin A, B dan C. 

Jika ternyata ada hewan ternak yang sudah dalam kondisi terpapar parah, maka penyembelihan dapat dijadikan opsi untuk meminimalisir kerugian peternak. 

Bagi peternak yang hewan ternaknya tidak terjangkit, sebagai langkah pencegahan, peternak harus memberikan asupan vitamin dan mineral saat memberikan pakan kepada ternak. 

Kebersihan kandang harus terus menerus dijaga, dibarengi dengan penyemprotan disinfektan secara rutin pada kandang dan pasar hewan terdekat. Peternak juga disarankan untuk tidak menambah jumlah ternak baru selama penyebaran virus PMK masih terjadi. 

Sebagai langkah pamungkas, hewan ternak yang masih sehat harus divaksinasi demi meningkatkan imunitas tubuhnya.

 

(*)


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5021349/wabah-pmk-bisa-diatasi-peternak-tak-perlu-panik

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5021349/wabah-pmk-bisa-diatasi-peternak-tak-perlu-panik
Tokoh



Graph

Extracted

persons Pamungkas,
companies ADA,
events vaksinasi,
products disinfektan, vitamin,
places JAWA BARAT,
cities Bogor,