Dampak Lockdown Covid-19, ADB Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi China Jadi 4 Persen

  • 22 Juli 2022 14:58:45
  • Views: 1

Ekonomi China mengalami kontraksi tajam pada kuartal kedua tahun ini karena lockdown Covid-19 yang meluas menghantam bisnis dan konsumen.

Dilansir dari BBC, Jumat (15/7/2022) Produk domestik bruto (PDB) China turun 2,6 persen dalam tiga bulan hingga akhir Juni 2022 dari kuartal sebelumnya.

Pada basis year-on-year, ekonomi China tumbuh hanya 0,4 persen di periode April-Juni 2022, kurang dari ekspektasi 1 persen.

Pertumbuhan PDB kuartal kedua adalah hasil terburuk sejak awal pandemi, karena lockdown, terutama di Shanghai, sangat berdampak pada aktivitas pada awal kuartal, kata Tommy Wu, Ekonom Utama di Oxford Economics.

Angka resmi bulan lalu menunjukkan peningkatan kinerja ekonomi China menyusul dicabutnya pembatasan.

Namun, data Juni lebih positif, dengan aktivitas meningkat setelah sebagian besar lockdown dicabut. Tetapi penurunan real estat terus menyeret pertumbuhan, tambah Tommy Wu.

Sementara itu, Jeff Halley, analis pasar senior untuk Asia Pasifik di platform perdagangan Oanda, mengatakanbahwa dia juga melihat beberapa titik terang dalam data ekonomi hari ini dari China.

PDB lebih buruk dari yang diharapkan, namun pengangguran turun menjadi 3,5 persen dan penjualan ritel mengungguli secara mengesankan, ungkap Halley.

Pasar keuangan cenderung berkonsentrasi pada angka ritel, yang tampaknya menunjukkan konsumen China dalam kondisi yang lebih baik dari yang diharapkan, jelasnya. 


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5020750/dampak-lockdown-covid-19-adb-pangkas-proyeksi-pertumbuhan-ekonomi-china-jadi-4-persen

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5020750/dampak-lockdown-covid-19-adb-pangkas-proyeksi-pertumbuhan-ekonomi-china-jadi-4-persen
Tokoh

Graph

Extracted

institutions Oxford,
topics lockdown, Produk Domestik Bruto,
nations Republik Rakyat Cina,
cities Beijing, Shanghai,
cases covid-19, pengangguran,
musicclubs APRIL,