Agenda Kunjungan Jokowi ke Asia Timur 26-28 Juli 2022, Menlu Retno: Penguatan Kerja Sama Ekonomi

  • 22 Juli 2022 11:37:58
  • Views: 3

PIKIRAN RAKYAT – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan berkunjung ke tiga negara Asia Timur yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan yang direncanakan pada 26-28 Juli 2022.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari kanal YouTube MoFa Indonesia, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bahwa ketiga negara tersebut merupakan mitra strategis negara Indonesia di bidang ekonomi dan ASEAN.

“Ketiga negara tersebut merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi dan tiga negara tersebut juga merupakan mitra negara strategis Indonesia dan ASEAN pada saat kita berbicara masalah kawasan, ujarnya.

Menlu Retno juga menyampaikan fokus utama dari kunjungan singkat Jokowi yaitu untuk meningkatkan kerjasama ekonomi, khususnya perdagangan dan investasi.

Baca Juga: Bansos PKH 2022 Tahap 3 Cair Bulan Ini, Simak Kategori Penerima dan Besaran Nominalnya di Sini

“Fokus kunjungan adalah membahas penguatan kerjasama ekonomi khususnya di bidang perdagangan dan investasi, kata Retno Marsudi menjelaskan.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Negeri Tirai Bambu, China pada 26 Juli 2022 dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri China, Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping.

“Presiden RI merupakan salah satu pemimpin pertama yang diterima oleh Presiden Xi Jinping selama pandemi ini, di luar acara Olimpiade Musim Dingin di Beijing awal tahun ini, ujarnya.

China merupakan mitra dagang terbesar di Indonesia yakni dengan total nilai perdagangan 110 miliar dolar AS dan nilai investasi terbesar ketiga sekitar 3,2 miliar dolar AS pada tahun 2021.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015072294/agenda-kunjungan-jokowi-ke-asia-timur-26-28-juli-2022-menlu-retno-penguatan-kerja-sama-ekonomi

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015072294/agenda-kunjungan-jokowi-ke-asia-timur-26-28-juli-2022-menlu-retno-penguatan-kerja-sama-ekonomi
Tokoh







Graph

Extracted

persons joko widodo, Retno Lestari Priansari Marsudi, Xi Jinping,
companies YouTube,
organizations ASEAN,
topics Bantuan Sosial,
events Olimpiade,
products dolar AS,
nations Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Republik Rakyat Cina,
cities Beijing,