Jokowi Kunjungi Asia Timur, Berikut Isu yang Akan Dibahas dengan China, Jepang, dan Korea Selatan

  • 22 Juli 2022 09:37:13
  • Views: 4

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan kenegaraan ke tiga negara Asia Timur, yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan.

Agenda tersebut rencananya akan dilakukan pada tanggal 26 sampai dengan 28 Juli tahun 2022.

Dalam jumpa pers, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa ketiga negara tersebut merupakan mitra strategis di bidang ekonomi, sekaligus mitra ASEAN ketika membicarakan isu kawasan.

Fokus utama dari kunjungan tersebut adalah penguatan kerja sama ekonomi, khususnya dalam bidang investasi dan perdagangan.

Baca Juga: Bansos PKH Tahap 3 Kapan Cair? Cek Jadwal dan Nama Penerima Lewat Link cekbansos.kemensos.go.id

Dalam kunjungan tersebut Jokowi direncanakan akan bertemu dengan beberapa pemimpin negara, yakni Perdana Menteri China Li Keqiang, Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol.

“Saya ingin mengambil satu isu, yaitu menyampaikan rencana kunjungan presiden RI ke tiga negara Asia Timur, kata Menlu Retno dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Retno menambahkan, selain membahas penguatan kerja sama bilateral, Presiden Jokowi dan para pemimpin ketiga negara tersebut, tentunya dalam pertemuan bilateral masing-masing akan membahas perkembangan terakhir beberapa isu kawasan dan isu internasional.

Jokowi akan tiba di Beijing pada 26 Juli 2022 dan ia dijadwalkan untuk bertemu dengan Perdana Menteri China Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015071358/jokowi-kunjungi-asia-timur-berikut-isu-yang-akan-dibahas-dengan-china-jepang-dan-korea-selatan

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015071358/jokowi-kunjungi-asia-timur-berikut-isu-yang-akan-dibahas-dengan-china-jepang-dan-korea-selatan
Tokoh











Graph