AS Laporkan Kasus Polio Pertama

  • 22 Juli 2022 08:58:24
  • Views: 3

Supianto | Jum'at, 22/07/2022 07:58 WIB

AS

Kasus polio terakhir di AS tercatat pada 2013, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Sarah Poser, Meredith Boyter Newlove/CDC via AP Photo)

JAKARTA, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) melaporkan kasus polio pertamanya dalam hampir satu dekade. Laporan itu datang dari pejabat kesehatan di negara bagian New York, yang mengatakan seorang pasien dinyatakan positif mengidap penyakit itu.

Departemen kesehatan negara bagian mengatakan pada Kamis (21/7) bahwa kasus itu terdeteksi di seorang penduduk Rockland County, sekitar 48 km (30 mil) utara Manhattan. Pengujian menunjukkan kasus virus yang sangat menular itu kemungkinan berasal dari luar AS.

Kami memantau situasi dengan cermat dan bekerja sama dengan Departemen Kesehatan Negara Bagian New York dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit untuk menanggapi masalah kesehatan masyarakat yang muncul ini untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan penduduk daerah, kata Komisaris Kesehatan Kabupaten Rockland Patricia Schnabel Ruppert.

Orang itu tidak lagi dianggap menular, tetapi para penyelidik mencoba mencari tahu bagaimana infeksi itu terjadi dan apakah orang lain terpapar. Para pejabat juga mengatakan kepada penyedia layanan kesehatan untuk mewaspadai lebih banyak kasus dan mendesak orang-orang di daerah yang tidak divaksinasi untuk mendapatkan suntikan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kasus polio terakhir di AS tercatat pada 2013.

CDC, yang mengkonfirmasi kasus pada hari Kamis, mengatakan tidak ada kasus polio yang berasal dari AS sejak 1979. Namun, virus di masa lalu telah dibawa ke negara itu oleh para pelancong dengan polio.

Kasus terakhir terjadi pada tahun 2013 ketika seorang anak berusia 7 bulan yang baru saja pindah ke AS dari India didiagnosis di San Antonio, Texas, menurut pejabat kesehatan federal.

Polio pernah menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti di negara ini, dengan wabah tahunan yang menyebabkan ribuan kasus kelumpuhan. Virus ini terutama menyerang anak-anak dan gejalanya termasuk sakit tenggorokan, demam, kelelahan dan mual, kata CDC.

Vaksin tersedia mulai tahun 1955, dan kampanye vaksinasi nasional memangkas jumlah tahunan kasus AS menjadi kurang dari 100 pada 1960-an dan kurang dari 10 pada 1970-an, menurut CDC.

Pada tahun 1979, polio dinyatakan eliminasi di AS, artinya tidak ada lagi penyebaran rutin.

Kebanyakan orang Amerika divaksinasi polio, tetapi kasus baru ini harus menjadi peringatan bagi mereka yang tidak divaksinasi, kata Jennifer Nuzzo, peneliti pandemi Brown University.

“Ini tidak normal. Kami tidak ingin melihat ini, kata Nuzzo. Jika Anda divaksinasi, itu bukan sesuatu yang perlu Anda khawatirkan. Tetapi jika Anda belum memvaksinasi anak-anak Anda, sangat penting bagi Anda untuk memastikan bahwa mereka selalu up to date.

Ada dua jenis vaksin polio. AS dan banyak negara lain menggunakan jab yang dibuat dengan versi virus yang tidak aktif. Tetapi beberapa negara di mana polio lebih menjadi ancaman baru-baru ini menggunakan virus hidup yang dilemahkan yang diberikan kepada anak-anak sebagai obat tetes di mulut.

Dalam kasus yang jarang terjadi, virus yang dilemahkan dapat bermutasi menjadi bentuk yang mampu memicu wabah baru.

Anak-anak AS masih rutin divaksinasi polio dengan vaksin yang tidak aktif. Pejabat federal merekomendasikan empat dosis untuk diberikan pada usia yang ditentukan dari dua bulan hingga enam tahun.

Menurut data vaksinasi masa kanak-kanak terbaru CDC, sekitar 93 persen anak berusia 2 tahun telah menerima setidaknya tiga dosis vaksin polio.

Polio menyebar sebagian besar dari orang ke orang atau melalui air yang terkontaminasi. Itu dapat menginfeksi sumsum tulang belakang seseorang, menyebabkan kelumpuhan dan kemungkinan cacat permanen dan kematian.

Penyakit ini endemik di Afghanistan dan Pakistan, meskipun banyak negara di Afrika, Timur Tengah dan Asia juga telah melaporkan kasus dalam beberapa tahun terakhir.

Rockland County, di pinggiran utara Kota New York, telah menjadi pusat resistensi vaksin dalam beberapa tahun terakhir. Wabah campak 2018-2019 di sana menginfeksi 312 orang.

Sumber: Aljazeera

TAGS : Kasus Polio Amerika Serikat Rockland County

https://www.jurnas.com/artikel/120931/AS-Laporkan-Kasus-Polio-Pertama/
 
Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/120931/AS-Laporkan-Kasus-Polio-Pertama/
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
topics polio,
events vaksinasi,
products vaksin,
nations Amerika Serikat, India, Pakistan,
places DKI Jakarta,
cities New York,